Samsung luncurkan QLED 8K TV 2020 dengan Infinity Screen dan suara surround 5.1

TV unggulan baru menggabungkan desain premium, kualitas gambar canggih, AI dan pengalaman suara yang mendalam


Samsung Electronics hari ini memperkenalkan lini QLED 8K generasi berikutnya di CES 2020 di Las Vegas, yang menawarkan kilasan ke masa depan teknologi layar. QLED 8K menggabungkan inovasi mutakhir yang menjadikan pengalaman menonton menjadi lebih mendalam dengan fitur-fitur terhubung yang menjadikan gaya hidup konsumen menjadi lebih terintegrasi untuk menghadirkan pengalaman hiburan rumahan terbaik.

Jajaran produk QLED 8K tahun 2020 menghadirkan pengalaman menonton yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada konsumen dan integrasi smart home yang tak tertandingi. QLED 8K memanfaatkan kekuatan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang disempurnakan untuk meningkatkan kemampuan audio, video, dan kemampuan pintarnya. Plus, QLED 8K menawarkan berbagai fitur pintar yang ditenagai oleh Tizen, yang membuatnya lebih mudah bagi konsumen untuk menggunakan perintah suara dan mengakses fitur-fitur baru seperti Tap View, Digital Butler, dan Samsung Health.

Ekspresi pamungkas dari inovasi yang berbeda ini adalah TV unggulan QLED 8K Q950TS yang baru dan andal, yang merupakan TV pertama di dunia yang menampilkan audio suara surround, resolusi 8K yang benar-benar hidup, dan faktor bentuk ultra-tipis yang menakjubkan.

“Resolusi 8K berpotensi mengubah industri kita. Layar lebih dari 75" adalah segmen dengan pertumbuhan tercepat di pasar, dan segmen itu adalah tempat resolusi 8K yang paling penting," kata Joe Stinziano, Kepala Consumer Electronics Business di Samsung Electronics America. “Jajaran 8K 2020 kami menunjukkan kekuatan potensi ini. Kemampuan imersif yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dan fitur pintar yang tak tertandingi ini akan memberdayakan konsumen untuk mengejar hasrat mereka secara lebih sederhana dan lebih komprehensif daripada sebelumnya."


Menciptakan Kembali Desain TV

Q950 praktis menghilangkan bezel di sekitar layar untuk membuat rasio screen-to-body hampir 99 persen, yang terbesar di pasar saat ini. Saat menonton dari jarak sekitar sepuluh atau lima belas kaki, konsumen akan mengalami efek Infinity Screen yang memukau di mana bezel tampaknya menghilang. Hasilnya adalah pengalaman menonton yang lebih mendalam yang menghilangkan batas antara TV dan sekitarnya.


Selain itu, Q950 hanya memiliki ketebalan 15 milimeter di seluruh layar. Dalam kombinasi dengan panel hitam yang benar-benar rata, Q950 dapat diletakkan secara rata dengan dinding atau menciptakan siluet yang mencolok ketika diletakkan pada media dudukan.


Mendefinisikan Kembali Kualitas Gambar

Jajaran QLED 8K tahun 2020 mencerminkan komitmen Samsung untuk memimpin industri dalam implementasi, adopsi, dan pemutaran resolusi 8K. Setiap model dalam jajaran akan memenuhi persyaratan Certified Test Specifications dari 8K Association (8KA) serta CTA 8K Ultra HD Display Definition.

Pada saat yang sama, jajaran QLED 8K adalah yang pertama di dunia yang mendukung pemutaran konten 8K asli. Pada tahun 2020, konsumen akan dapat menikmati dan melakukan streaming video codec AV1 yang difilmkan dalam 8K pada QLED 8K TV. Semua TV Samsung pada jajaran 8K 2020 akan dikirimkan dengan kemampuan ini yang ada di dalamnya.

Dan, Samsung bekerja dengan mitra seperti YouTube untuk membuat jalur untuk streaming konten 8K asli.


Selain membangun ekosistem 8K di seluruh industri, jajaran QLED 8K membantu konsumen untuk merasakan kekuatan resolusi 8K bahkan ketika mereka menonton konten resolusi yang lebih rendah. Berdasarkan pada teknologi semikonduktor Samsung yang kuat, Quantum Processor 8K generasi terbaru yang tertanam di Q950 akan menghadirkan peningkatan kemampuan AI upscaling yang menggunakan machine learning untuk menganalisis dan mengidentifikasi karakteristik piksel secara individu. Teknologi ini kemudian mengembalikan berbagai elemen gambar untuk membuat gambar 8K murni, terlepas dari sumber konten.

Q950 juga memanfaatkan kekuatan AI untuk memastikan bahwa tidak ada yang mengalihkan perhatian pemirsa dari konten mereka. Sementara sensor TV tradisional hanya dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan pada cahaya sekitar di dalam ruangan, Adaptive Picture memperhitungkan setiap distribusi cahaya dalam adegan tertentu, memastikan bahwa TV dapat mempertahankan gambar yang jelas di ruangan yang terang sambil tetap mempertahankan kontras-nya.

Masalah umum lainnya bagi konsumen yang melakukan streaming konten adalah kecepatan koneksi internet mereka. AI ScaleNet memastikan koneksi streaming yang lancar dengan mengoptimalkan bandwidth jaringan yang tersedia. Teknologi ini akan memampatkan konten ketika meninggalkan penyedia konten dan kemudian mengembalikannya setelah mencapai TV untuk secara efektif memotong setengah bandwidth yang diperlukan bagi konsumen untuk melakukan streaming konten. Samsung Electronics terus bekerja sama dengan Amazon pada fitur ini, untuk memanfaatkan AI ScaleNet dari video standard definition (SD) hingga 4K (UHD) di Prime Video.


Menghidupkan Kembali Kinerja Suara

Karena audio sama pentingnya dengan video dalam hal pengalaman streaming yang mendalam, Q950 menghadirkan beberapa audio TV terbaik di pasaran. Q950 menempatkan speaker di setiap sisi layar, serta sub-Woofer di belakang. Ketika dikombinasikan dengan Object Tracking Sound+, yang menggunakan perangkat lunak berbasis AI untuk mencocokkan pergerakan suara audio dengan pergerakan objek di layar, Q950 dapat menghadirkan suara surround 5.1 channel yang lebih renyah dan jernih.

Q950 juga dapat menyesuaikan volume dialog sebagai respons terhadap suara umum seperti blender atau penyedot debu. Active Voice Amplifier (AVA) membantu 40% konsumen di Amerika Serikat (AS) yang mengatakan bahwa suara-suara ini cenderung mengganggu mereka saat mereka sedang menonton TV dengan mendeteksi suara-suara ini dan secara otomatis meningkatkan kejernihan suara.

Dan terakhir, Q950 secara unik mampu menggunakan speaker bawaannya sebagai saluran audio tambahan ketika terhubung ke soundbar Seri Q 2020 seperti Q800, yang telah menerima penghargaan Best of Innovation 2020 dari CES. Q-Symphony memasangkan audio dari kedua perangkat secara bersamaan untuk membuat lanskap suara yang dinamis dan multi-dimensi.


Menciptakan Kembali Pengalaman Menonton

Konsumen saat ini memiliki akses ke — dan sedang mengonsumsi — lebih banyak konten streaming daripada sebelumnya. Itulah sebabnya saluran TV QLED 8K 2020 menawarkan fitur unik yang membantu konsumen menikmati konten mereka dan berinteraksi dengan perangkat mereka yang berbeda.

Di tahun 2020, Bixby, asisten AI Samsung, semakin pintar. Konsumen dapat menggunakan TV mereka untuk mengubah mood suatu ruangan. Misalnya, jika mereka memberi tahu Bixby untuk menciptakan suasana yang tenang, TV kemudian akan menampilkan latar belakang yang santai dan relaks di layar. Selain itu, Samsung akan menawarkan beberapa opsi asisten suara untuk memberikan konsumen pilihan dengan mengintegrasikan Amazon Alexa dan Google Assistant ke dalam lini Samsung QLED 8K 2020. Sekarang pengguna akan menikmati akses yang lebih mudah ke konten yang mereka sukai, dengan kemampuan kontrol smart home dan TV yang diperluas.

Q950 menampilkan Universal Guide baru dan lebih baik yang menggunakan algoritme berbasis AI untuk menganalisis jenis konten yang ditonton konsumen, serta layanan dan saluran TV yang cenderung mereka gunakan, untuk menawarkan rekomendasi yang secara unik disesuaikan dengan kebiasaan dan selera khusus mereka.

Melalui Samsung TV Plus, layanan video smart TV gratis dari Samsung, konsumen dapat dengan mudah mengakses konten baru, bahkan jika mereka telah memotong kabelnya. Hanya dengan koneksi internet, konsumen dapat langsung mengakses berita, olahraga, hiburan, dan lainnya — dengan opsi baru yang bergabung setiap saat. Saat ini terdapat hampir 100 saluran di Samsung TV Plus, termasuk CBSN (saluran berita digital live 24/7 dari CBS), Yahoo Finance, Lively Place (dari A&E Networks), Bon App├ętit, VEVO, Outside TV+, dan banyak lagi.


Konsep Baru Kehidupan yang Terhubung

Jajaran produk QLED 8K tahun 2020 merupakan cara yang berkembang di mana konsumen menggunakan layar saat ini melalui fitur-fitur baru yang inovatif yang mengintegrasikan ke dalam gaya hidup modern.

Karena empat dari setiap lima orang tidak mendapatkan cukup olahraga secara teratur, Samsung telah mengembangkan solusi kebugaran dan kesehatan yang dirancang agar sesuai dengan jadwal sibuk konsumen. Q950 dapat berfungsi sebagai pusat kebugaran dan meditasi di dalam rumah melalui peluncuran Samsung Health di TV. Melalui Samsung Health pada Q950, konsumen akan dapat melihat aktivitas mereka, melacak kemajuan mereka, dan mengejar tujuan kebugaran bersama dengan seluruh keluarga. Plus, mereka akan memiliki akses ke konten gratis dan eksklusif dari mitra terkemuka, termasuk Calm, FitPlan, Jillian Michaels, Echelon, Obe Fitness, dan Barre 3 dan banyak lagi.


Selain itu, semakin banyak konsumen yang menggunakan perangkat mobile mereka sambil menonton konten di TV mereka, meskipun mungkin sulit untuk melihat segala sesuatu terjadi di kedua perangkat. Multi-View memastikan bahwa konsumen ini tidak akan melewatkan sesuatu di layar mana pun dengan memproyeksikan layar perangkat mobile konsumen ke TV di samping window terpisah untuk konten TV mereka. Dengan 14 tata letak yang berbeda, pengguna dapat menyesuaikan pengalaman menonton mereka, dari tampilan berdampingan hingga melihat gambar-dalam-gambar secara bersamaan dengan beberapa opsi lain.

Untuk menciptakan pengalaman yang lebih ramping bagi konsumen, Q950 juga menawarkan cara baru untuk mencerminkan (mirroring) perangkat mobile Anda dan mengendalikan perangkat rumah Anda. Tap View memberdayakan konsumen untuk mencerminkan layar ponsel mereka ke TV hanya dengan menyentuh kedua perangkat bersama-sama. Dan dengan Digital Butler, konsumen dapat mengontrol lebih banyak perangkat daripada sebelumnya dengan menggunakan teknologi inframerah untuk mendeteksi dan mengontrol perangkat non-IoT di rumah.