Sekilas fitur kamera Scene Optimizer di Galaxy Note9

Dirancang untuk mengubah momen sehari-hari menjadi kisah yang tak terlupakan, Scene Optimizer di Galaxy Note9 membawa kamera smartphone terbaik di kelasnya ke tingkat berikutnya. Bahkan jika Anda belum tahu apa arti saturasi atau white balance, tidak ada yang akan tahu dengan gambar-gambar menakjubkan yang dibuat oleh Anda lewat bantuan fitur ini. Tapi bagaimana caranya Samsung membuat fitur ini? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.


01. Masalahnya

Tanyakan kepada fotografer profesional dan mereka akan memberitahu Anda betapa sulitnya untuk unggul di semua genre fotografi. Baik itu potret, fotografi lanskap, atau foto makanan, semuanya membutuhkan teknik dan pengaturan kamera yang berbeda untuk hasil terbaik. Namun ketika memotret dengan smartphone, kebanyakan orang tidak punya waktu (atau hanya tidak tahu caranya) untuk menyesuaikan detail teknis, seperti saturasi, kecerahan, dan white balance.


02. Tujuannya

Saat mendesain Galaxy Note9, Samsung bertujuan untuk membuat kamera yang menghasilkan gambar dimana bahkan fotografer profesional akan puas. Untuk memastikan gambar yang memukau dengan setiap bidikan, Samsung juga ingin menjadikan fitur ini mudah digunakan saat memotret dengan Auto Mode.


03. Idenya

Karena fotografer selalu melihat apa yang mereka bidik terlebih dahulu sebelum memutuskan pengaturan dan peralatan, kamera Galaxy Note9 membutuhkan kemampuan untuk membedakan materi yang berbeda secara otomatis agar ide ini berfungsi. Itu juga penting bagi Samsung untuk membuat pengaturan yang menarik bagi semua orang.


04. Solusinya

Untuk mengubah visi menjadi kenyataan, Samsung mengembangkan suatu algoritma yang mengurutkan dan mengkategorikan pemandangan dan objek yang kompleks. Dengan melewatkan gambar pada layar pratinjau melalui beberapa filter, masing-masing secara khusus dalam menganalisa berbagai bentuk dan nada, algoritme dapat menentukan apa yang dilihat kamera. Selain memproses objek dalam fokus, fitur ini juga menganalisa karakteristik latar belakang pemandangan untuk memungkinkan seluruh gambar ditingkatkan dengan tepat.

Untuk memahami bagaimana pengguna menilai foto, Samsung telah melakukan survei untuk menemukan kombinasi warna dan nada yang paling populer untuk berbagai jenis gambar. Samsung juga telah menyempurnakan pengaturan berdasarkan umpan balik pengguna pada foto yang diambil oleh ponsel Galaxy sebelumnya.


05. Hasilnya

Hasilnya adalah Scene Optimizer di Galaxy Note9. Dengan menganalisa objek utama, pemandangan, dan elemen waktu foto, fitur pintar dapat mengkategorikan gambar ke dalam 20 jenis yang berbeda termasuk makanan, bunga, binatang, lanskap, dan banyak lagi. Ketika foto diambil, Scene Optimizer secara otomatis memilih pengaturan warna dan nada yang sesuai untuk meningkatkan kualitas keseluruhan. Tidak peduli keterampilan atau pengalaman mereka, pengguna dapat selalu mengandalkan Galaxy Note9 untuk membuat foto mereka unggul.