Samsung bangun laboratorium AI di Toronto


Samsung Research America (SRA), mengumumkan bahwa mereka sedang membangun pusat artificial intelligence (AI) di Toronto, sebagai bagian dari usaha baru untuk memasuki dan berkontribusi pada pertumbuhan industri AI yang berkembang di kota terbesar di Kanada. Pembukaan AI Center Toronto datang bersamaan dengan pengumuman global Samsung tentang dua AI Center tambahan dan baru yang didirikan di Cambridge, Inggris dan Moskow, Rusia. AI Center Toronto akan bekerja dalam kemitraan dengan tim SRA di Silicon Valley untuk memelopori penelitian dan pengembangan AI untuk wilayah tersebut.

Terletak di pusat kota Toronto di MaRS Discovery District, Samsung AI Center baru akan berkontribusi untuk membangun masa depan yang terhubung dengan mempercepat adopsi AI pada beberapa perangkat mulai dari peralatan rumah tangga hingga mobil. AI Center Toronto adalah bagian dari jaringan Samsung Research yang didedikasikan untuk penelitian dan pengembangan di bidang AI. AI Center Toronto adalah AI Center kedua yang akan didirikan di Amerika Utara, dengan yang lainnya di Mountain View, California. AI Center Amerika Utara dipimpin oleh wakil presiden senior, Dr. Larry Heck, seorang ahli yang terkenal dalam machine learning untuk pemrosesan teks lisan dan teks, yang juga memimpin ekspansi Samsung AI Center di seluruh dunia.

“Toronto dan GTA adalah pusat machine learning dan salah satu hub terkemuka di dunia untuk penelitian dan pengembangan AI. Rumah bagi tidak hanya bakat kelas dunia, tetapi juga beberapa start-up paling inovatif di bidang artificial intelligence,” kata Dr Larry Heck, Co-Head dari Global Artificial Intelligence Research. "Kami berharap dapat berkontribusi pada komunitas AI yang dinamis ini dan untuk membantu mendorong bidang ini ke depan saat kami bergerak menuju tujuan kami untuk membuat semua perangkat yang terhubung dengan Samsung menjadi cerdas pada tahun 2020."


Dengan sejarah yang kaya dalam inovasi dan penemuan, Toronto berfungsi sebagai tempat yang ideal untuk penelitian dan pengembangan untuk pengenalan suara, di mana teknologi machine learning diterapkan bertahun-tahun sebelum diterapkan secara luas ke bidang lain. Visinya adalah Samsung AI Center sekarang akan melayani peran penting dalam pengembangan AI dengan fokus pada pemahaman bahasa dan teknologi visi komputer yang pada akhirnya akan mengurangi gesekan antara pengguna dan perangkat/layanan, apakah itu ponsel, TV, peralatan rumah tangga, atau mobil.

AI Center Toronto akan dipimpin oleh Dr. Sven Dickinson, yang baru ditunjuk sebagai kepala lab Toronto, profesor yang sedang cuti dan sebelumnya menjadi ketua dari Departemen Ilmu Komputer di Universitas Toronto. Dr Dickinson adalah ahli dalam teknologi computer vision, terutama di bidang pengenalan objek. Dia akan memainkan bagian integral dalam penelitian Samsung tentang teknologi AI inti yang memerlukan bahasa, visi, dan interaksi multi-modal lainnya.

Samsung secara resmi merayakan pengumuman hari ini dari AI Center Toronto dengan upacara pembukaan dan presentasi di MaRS Discovery District dari para pemimpin bisnis utama Samsung dan tamu khusus termasuk CEO Samsung Consumer Electronics, Kim Hyun-suk. Fran├žois-Philippe Champagne, Menteri Perdagangan Internasional, Dr. Larry Heck, Wakil Presiden Senior Samsung Research America, dan pemangku kepentingan utama dan mitra dari universitas-universitas besar di Kanada ikut menghadiri upacara peresmian ini.


“Kecerdikan dan inovasi Kanada semakin diperhatikan dan bersama dengan investasi kami dalam keterampilan dan superclaster yang fokus pada produk generasi berikutnya seperti artificial intelligence, para investor dunia memilih Kanada. Selamat kepada Toronto dan kepada Samsung untuk mengakui Kanada adalah tempatnya!” kata Fran├žois-Philippe Champagne, Menteri Perdagangan Internasional Kanada.

Faktor utama yang berkontribusi untuk pemilihan lokasi termasuk ketersediaan bakat utama AI, termasuk peneliti AI terkemuka di University of Toronto dan University of Waterloo yang telah memiliki hubungan lama dengan Samsung. Membangun AI Center di Ontario Selatan juga memungkinkan Samsung untuk bekerja sama lebih baik dengan start-up regional dan memperluas ekosistem saat ini. Sebagai salah satu pusat inovasi urban terbesar di dunia, distrik MaRS Discovery mendukung inovator dan usaha yang menjanjikan dalam menghadapi tantangan utama di sektor cleantech, keuangan & perdagangan, dan bekerja & belajar. Selain itu, dan yang lebih penting, komunitas MaRS yang luas memupuk kolaborasi lintas disiplin yang mendorong penemuan-penemuan terobosan dan solusi baru bagi khalayak global.

"Kami bangga menyambut Samsung ke MaRS," kata Yung Wu, CEO, MaRS Discovery District. “Kami berdua mengakui peran penting Toronto - dan Kanada - bermain sebagai tujuan untuk bakat inovasi, penelitian dan start-up. Kami berharap dapat berkolaborasi dan terhubung dengan tim Samsung dalam berbagai peluang menarik karena proyek ini menjadi hidup.”


Pengumuman hari ini memuji berita tentang rencana 2018 sebelumnya untuk meluncurkan AI Center tambahan di Amerika Utara. Dr. Darin Graham akan menjadi ujung tombak pembukaan laboratorium baru di Kanada sebagai kepala Samsung Canadian AI Operations. Sampai saat ini, Dr. Graham membantu memimpin penciptaan dan pembentukan Vector Institute - institut penelitian AI Kanada yang terkenal, sebagai anggota tim pendiri. Pembukaan pusat-pusat AI di Kanada akan memungkinkan Samsung memperluas posnya untuk kerjasama industri dan perekrutan bakat di pusat-pusat AI utama di Amerika Utara.

“Investasi seperti ini adalah bukti bahwa Kanada benar-benar pemimpin dunia dalam artificial intelligence. Bakat dan ekosistem inovasi kami menjadikan kami tempat yang menarik bagi perusahaan untuk tumbuh dan menciptakan pekerjaan dengan gaji yang baik bagi warga Kanada. Pemerintah kami bangga bermitra dengan perusahaan seperti Samsung, karena kami terus memajukan pengetahuan machine learning kami dan lebih lanjut membangun tempat kami di panggung dunia sebagai pemimpin AI,” kata Navdeep Bains, Menteri Inovasi, Sains, dan Pembangunan Ekonomi Kanada.

Sampai saat ini, Samsung telah sukses besar dalam memanfaatkan talenta R&D Kanada yang unik untuk dampak global. Pusat R&D Samsung yang berbasis di Vancouver telah berkontribusi pada sejumlah inovasi dalam pasar dan lebih dari dua kali lipat tenaga kerjanya, sejak dibuka dengan lebih dari 100 karyawan. Dengan penambahan AI Center di Toronto, Samsung berencana untuk meningkatkan R&D di Kanada dari 100 hingga 200 saat ini dalam waktu dekat. Perkembangan dan bakat tambahan di Kanada telah diakui melalui anak perusahaan Samsung Electronics Canada, AdGear Technologies Inc. di Montreal dan SigMast Communications Inc. di Halifax, Nova Scotia.