WeChat, LINE, KakaoTalk dan WhatsApp di smartphone Tizen


Menurut CEO Samsung BK Yoon saat wawancara di CES 2015 kemarin, yang terpenting buat OS Tizen adalah bagaimana OS ini bisa beroperasi berdasarkan keinginan dan pikiran konsumen. Untuk Smart TV konsumen menginginkan waktu loading yang singkat, sementara untuk smartphone konsumen menginginkan semua aplikasi yang mereka butuhkan tersedia. Untuk alasan yang terakhir, Samsung Electronics telah beberapa kali menunda perilisan smartphone Tizen menunggu sampai ekosistem yang mendukungnya benar-benar bisa memuaskan konsumen.

Berdasarkan informasi terakhir, Samsung Eletronics berencana akan merilis smartphone murah Samsung Z1 bulan ini di India, yang kemudian berlanjut ke China, Korea dan pasar lain di dunia. Samsung sudah memperkenalkan Z1 ke beberapa penjual retail di India sejak Desember kemarin.


Lewat ulasan terbaru dari situs Desi Gadgets asal India, kita bisa mengetahui bahwa aplikasi instant messaging WhatsApp sudah tersedia untuk Samsung Z1. Ini tidak mengejutkan, mengingat Samsung memiliki hubungan kemitraan yang dekat dengan Facebook, dan WhatsApp sendiri sudah diakuisisi oleh Facebook pada bulan Februari kemarin senilai $19 miliar.

Facebook sebelumnya juga menjadi penyedia layanan SNS pertama untuk smartwatch Samsung Gear S yang berbasis OS Tizen, jadi hampir bisa dipastikan layanan Facebook seperti Facebook Messenger, Instagram dan aplikasi Facebook juga akan tersedia untuk Samsung Z1.

Setelah India, Samsung akan membawa Z1 ke China. Kenapa China? Selain merupakan pasar smartphone terbesar di dunia, ekosistem aplikasi untuk Tizen di China juga telah nyaris komplit. Saat berlangsungnya Tizen Developer Summit 2014 di Shanghai (TDS14SH) pada bulan Oktober kemarin, hampir semua perusahaan teknologi software dan internet di China telah mengumumkan dukungan mereka untuk ekosistem Tizen. Di China, Tizen telah bermitra dengan perusahaan software dan teknologi terkemuka seperti Baidu, Tencent, Alibaba, 360, LeTV, Yongche (易到用车), Sina, Dayima (大姨妈), ZAKER dan banyak lagi.

WeChat tampak dalam aplikasi SNS dari China

Tencent misalnya, telah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan empat layanan andalan mereka untuk Tizen, khususnya yang terkait dengan layanan mobile untuk Tizen seperti instant messaging lewat WeChat, mobile browser, e-marketing, dan keamanan mobile. WeChat adalah penyedia aplikasi mobile messaging terbesar di dunia jika dihitung berdasarkan jumlah pengguna terdaftar mencapai lebih dari 600 juta, atau 35 persen dari pangsa pasar global, diikuti oleh WhatsApp dan Facebook.

Setelah China, Samsung berencana membawa Z1 ke Korea dan pasar dunia lainnya. Aplikasi jejaring sosial atau SNS yang populer di Korea adalah KakaoTalk dan LINE. Dua aplikasi ini adalah yang paling awal hadir untuk Tizen, bahkan untuk KakaoTalk malah sudah hadir sejak di Samsung Wave yang berbasis OS bada.

Sedangkan kehadiran aplikasi messaging LINE dari Naver pernah dikonfirmasi oleh CEO NTT DoCoMo Kaoru Kato. Samsung dan NTT DoCoMo pernah berencana merilis smartphone Tizen high-end Samsung ZEQ di Jepang pada awal 2014 yang lalu, namun kemudian mengalami penundaan. NTT DoCoMo kabarnya secara khusus telah mempersiapkan 3000 aplikasi untuk Tizen, termasuk LINE.


Update 1 Maret 2015: Berikut ini penampakan aplikasi messaging LINE dan KakaoTalk di Samsung Z1 dari komunitas Tizen di Korea.