Uji coba mobil 5G Samsung berhasil pecahkan rekor dunia


Samsung Electronics dan KDDI hari ini mengumumkan selesainya serangkaian pengujian 5G komprehensif yang menunjukkan kelayakan dan kinerja solusi mobilitas 5G millimeter wave dengan kecepatan di atas 190km per jam yang merupakan rekor tercepat di dunia. Keberhasilan ini menyoroti potensi dan kemampuan 5G untuk mendukung berbagai skenario layanan masa depan.

Demonstrasi yang berlangsung di 'Everland SPEEDWAY' di Korea, melibatkan tes individual untuk menguji kinerja teknologi 5G mmWave end-to-end milik Samsung. Secara khusus, dengan mobil yang dikendarai melakukan akselerasi dari 0 sampai 205km per jam di jalur balap antara beberapa base station 5G, pengujian tersebut mengukur dan mengevaluasi berbagai metrik, termasuk waktu interupsi handover, stabilitas uplink dan downlink, dan stabilitas latency (atau "jitter").

Selain itu, Samsung dan KDDI juga menunjukkan skenario handover yang sukses, dengan perangkat Samsung 5G yang terpasang ke base station 5G saat mendekati area layanan, dan berhasil diserahkan ke sel target dengan kecepatan 192km per jam (kecepatan GPS).

Kim Woo-jun, Wakil Presiden Senior dan Kepala Next Generation Strategy dalam Network Business di Samsung Electronics, mengatakan, "Hal ini menjadi semakin penting bahwa kami mempercepat fokus kami pada kemampuan 5G untuk memenuhi peningkatan jumlah metrik kinerja. Hingga saat ini, bandwidth puncak telah menjadi refrain yang umum, dan tentunya komponen besar dari masa depan 5G. Bagaimanapun, pengujian yang kami lakukan dengan KDDI akan membantu kami membangun portofolio kasus penggunaan 5G yang lebih beragam."

"Uji coba ini berhasil menunjukkan kinerja stabil di bawah kondisi mobilitas berkecepatan tinggi yang secara dramatis akan meningkatkan pengalaman layanan pengguna kendaraan bermotor," kata Akira Matsunaga, Direktur Senior, Pengembangan Teknis Jaringan Mobile di KDDI. "Kami akan melanjutkan kerjasama kami dengan Samsung untuk menguji teknologi generasi berikutnya ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menemukan kasus layanan baru."

Prestasi pengujian ini dibangun diatas serangkaian kesuksesan terkait mobilitas selama beberapa tahun terakhir. Pada bulan Februari tahun ini, Samsung dan KDDI berhasil menunjukkan kemampuan handover 5G di lingkungan perkotaan dengan kecepatan hingga 60km/jam di jalan umum. Kedua perusahaan tersebut melakukan diskusi dengan uji coba 5G untuk beberapa kasus layanan 5G.

Salah satu prospek teknologi 5G yang paling menarik adalah potensi skenario layanan baru dan sangat khusus yang melampaui konektivitas perangkat pintar tradisional. Kemampuan 5G untuk memenuhi janji ini terkait langsung dengan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan kinerja yang unik dari sejumlah industri yang semakin terhubung, mulai dari Smart City IoT hingga Connected Car dan banyak lagi. Samsung juga terus secara aktif mengeksplorasi potensi layanan berbasis 5G dengan skenario kecepatan tinggi yang umum.