Generasi ketiga Samsung ARTIK dirilis Oktober dan akan mendukung AI


Samsung Electronics sedang mempersiapkan generasi ketiga dari platform Internet of Things (IoT) ARTIK yang rencananya akan diluncurkan bulan depan. Diharapkan ARTIK generasi ke-3 ini akan menjadi platform utama dari cetak biru Samsung Electronics untuk menerapkan IoT and AI (Artificial Intelligence) ke semua peralatan rumah tangga, dan juga meningkatkan jumlah produsen peralatan rumah tangga kecil dan menengah yang berencana untuk berkontribusi dalam mengenalkan dan menyebarkan ekosistem IoT berbasis ARTIK.

Diperkirakan bahwa ARTIK generasi ke-3 lebih berfokus pada konektivitas antar perangkat daripada ARTIK generasi kedua, yang diperkenalkan tahun lalu, dan memperkuat kemampuan jaringan untuk diterapkan pada perangkat IoT dan membantu interoperabilitas antara perangkat menjadi lebih mulus.

Sementara peluncuran dipilih pada bulan Oktober karena bertepatan dengan penyelenggaraan Samsung Developer Conference (SDC) 2017 yang akan berlangsung antara 18-19 Oktober di Moscone West, San Fransisco.

"Sementara pergeseran generasi ARTIK sebelumnya berfokus pada peningkatan kinerja AP (Prosesor Aplikasi) dan mengurangi jumlah konsumsi daya dan ukuran sumber listrik, ARTIK generasi ke-3 akan difokuskan untuk mengamankan interoperabilitas antar perangkat," kata seorang sumber industri di Korea.

Visi besar Samsung adalah untuk membangun sebuah platform di mana peralatan rumah saling terhubung melalui program kecerdasan buatan (AI) dan IoT pada tahun 2020. Samsung mengatakan bahwa semua produk buatannya yang dirilis mulai 2018 akan dilengkapi dengan spesifikasi dari Open Connectivity Foundation (OCF), termasuk didalamnya mesin cuci, oven, robot pembersih, pembersih udara dan banyak lagi.

"Semua produk Samsung Electronics akan terhubung dan membentuk ekosistem IoT dengan mitra eksternal. Kami akan memimpin konektivitas hiper masa depan," kata Yoon Boo-keun, CEO Consumer Electronics (CE) Business di Samsung Electronics di IFA 2017.

ARTIK generasi ke-3 akan menjadi elemen penting bagi strategi Samsung dalam bisnis IoT. Tidak hanya sensor interoperabilitas yang dibutuhkan untuk kerja sama antar peralatan rumah tangga tapi juga cloud yang bisa mendistribusikan dan mengolah berbagai data juga dibutuhkan. ARTIK menyediakan fungsi cloud sendiri dan dapat dengan mudah mengintervensi perangkat dan mengembangkan aplikasi layanan yang relevan. ARTIK juga menyediakan fungsi keamanan untuk menciptakan lingkungan IoT yang aman.

Samsung Electronics telah menciptakan hubungan yang unik antara sistem operasi (OS) yang disebut 'Tizen', platform perangkat keras (HW) yang disebut 'ARTIK', aplikasi perangkat lunak (SW) yang disebut 'Samsung Connect', standar IoT global yang disebut 'OCF', dan Smart Home Hub-nya yang disebut 'SmartThings'. Dan baru-baru ini telah ditambahkan kedalamnya antarmuka pengenalan suara AI-nya yang disebut 'Bixby' ke kelompok ini. Semuanya adalah platform yang terbuka dan masing-masing platform mengijinkan siapa saja untuk mengembangkan perangkat IoT dan menyediakan layanan yang relevan. Dari perspektif Samsung, keterbukaan ini akan membantu mereka untuk terus memimpin ekosistem IoT dan untuk memaksimalkan pengaruhnya di pasar yang relevan.

Tampaknya akan ada peningkatan jumlah bisnis yang berencana untuk berpartisipasi dalam ekosistem IoT Samsung setelah merilis ARTIK generasi ke-3. Usaha kecil dan menengah yang ada di Korea Selatan dan negara lainnya telah mengembangkan berbagai produk IoT seperti rice cooker, microwave, dan solusi kesehatan dengan menerapkan ARTIK generasi ke 1 dan ke-2. Mayoritas kalangan industri percaya bahwa kecepatan pengembangan perangkat IoT yang diaplikasikan dengan ARTIK akan meningkat begitu kinerja generasi ke-3 telah ditingkatkan.

"ARTIK generasi ke-3 akan menjadi platform utama bagi Samsung Electronics dan juga banyak perusahaan yang berencana menerapkan fungsi IoT ke produk peralatan rumah tangga mereka," kata seorang perwakilan di industri elektronik.

Di sisi lain, Samsung Electronics telah memutuskan untuk menghentikan produksi ARTIK 10 dan menempatkan platform strategisnya yang disebut ARTIK 7 di garis depan. Diharapkan pergeseran generasi juga akan segera terjadi di sekitarnya saat ARTIK generasi ke-3 nanti sudah dilepaskan.