Smartphone 5G Samsung meluncur Februari 2018


Samsung Electronics dilaporkan sedang mempersiapkan peluncuran smartphone baru yang dapat bekerja pada jaringan 5G pada bulan Februari 2018, bertepatan dengan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin.

Saat berlangsungnya Mobile World Congress (MWC) 2017 pada akhir Februari kemarin di Barcelona, ZTE asal China menampilkan purwarupa ponsel 5G pertama di dunia yang diberi nama "Gigabit Phone" karena mampu mengunduh dengan kecepatan hingga 1Gbps, 10 kali lebih cepat dari kebanyakan smartphone 4G yang ada.

Namun banyak reporter yang kemudian kecewa karena ponsel ini sama sekali tidak boleh disentuh, apalagi untuk diuji coba. Ditempatkan didalam kotak kaca transparan, dengan beberapa kabel dan sekrup masih terlihat tertanam di belakang ponsel, sudah cukup membuat para reporter yang berada di tempat itu menyangsikan kinerja sebenarnya dari ponsel ini.

Samsung sendiri baru-baru ini mengumumkan bahwa SoC Samsung Exynos 9 Series (8895) dengan teknologi modem LTE 6CA Cat.18 telah berhasil mencapai kecepatan downlink maksimal 1,2 gigabit per detik (Gbps) untuk pertama kalinya di dunia. Sebelumnya di awal 2017, Exynos 8895 dengan modem LTE Cat.16 dan dukungan 5CA mampu mencapai kecepatan downlink 1.0 gigabit (Gb) yang semuanya memenuhi syarat untuk era 5G mendatang.

Samsung berharap prosesor mobile yang mengadopsi teknologi modem LTE 6CA Cat.18 yang baru ini bisa diproduksi massal pada akhir tahun ini.

Olimpiade Musim Dingin 2018 adalah acara Olimpiade musim dingin ke 23 yang dijadwalkan akan berlangsung di Pyeongchang, Korea Selatan, antara tanggal 9 dan 25 Februari 2018. Beberapa perusahaan teknologi dan telekomunikasi seperti Laboratorium riset Prancis Leti dan operator telekomunikasi Korea Telecom (KT) berharap bisa menampilkan teknologi 5G yang bisa beroperasi sepenuhnya di perhelatan olahraga empat tahunan ini.

Saat berlangsungnya Brooklyn 5G Summit pada bulan April kemarin, Wakil Presiden Eksekutif KT Jeon Hong-beom mengatakan bahwa perusahaannya telah bekerjasama dengan mitranya untuk membuat sistem dan layanan 5G sudah bisa tersedia pada bulan Oktober tahun ini sehingga semuanya akan siap untuk 'The World’s First 5G Olympics.' Sedangkan untuk model perangkat genggam yang akan digunakan, sponsor resmi Olimpiade PyeongChang 2018 untuk kategori operator seluler ini belum berniat untuk mengungkapkan rinciannya.