Samsung sambut .NET Core 2.0 lewat Tizen 4.0


Dua pekan lalu, .NET Core 2.0 yang sudah lama ditunggu akhirnya dirilis. Sudah satu setengah tahun sejak Samsung Electronics memutuskan untuk memulai perjalanan panjang dalam mengenalkan platform .NET ke Tizen dengan berpartisipasi dalam proyek open source .NET. Samsung berpartisipasi dalam proyek ini bersama dengan .NET Foundation, Microsoft, dan komunitas .NET.

Dimulai tahun lalu dengan mengaktifkan dukungan Linux/ARM32, Samsung terus melanjutkannya di tahun ini dengan mengaktifkan dukungan Linux/x86 melalui implementasi ARM32 RyuJIT backend secara paralel. Selain itu, melalui empat preview Tizen .NET yang telah dirilis sejak November lalu, Samsung telah melihat potensi .NET sebagai platform aplikasi baru di Tizen dan mendapat banyak minat dan umpan balik dari komunitas.

Rilis pertama Tizen .NET sekarang telah dipersiapkan untuk rilis resmi Tizen 4.0 yang akan dijadwalkan pada akhir tahun ini. Tizen 4.0 akan menyertakan versi terbaru .NET Core dan Tizen C# API yang baru. Visual Studio Tools for Tizen juga mendapatkan rilis baru yang lebih stabil dan dipoles yang mendukung alat .NET Core terbaru.

Untuk semua pencapaian ini, Samsung telah banyak dibantu oleh .NET Foundation dan komunitas pengembang, terutama tim Microsoft .NET.

"Sekitar satu setengah tahun telah berlalu sejak saya memberikan kontribusi pertama saya pada proyek .NET Core, dan sudah sekitar sembilan bulan sejak saya mengajukan komit pertama untuk mengaktifkan x86/Linux CLR. Sangat menyenangkan bagi saya untuk berkontribusi pada .NET Core. Terutama saya tidak akan pernah melupakan momen saat sebuah contoh 'Hello, World 'dijalankan pada x86/Linux CLR untuk pertama kalinya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anggota proyek .NET Core, terutama Jan Vorlicek, Jan Kotas dan Bruce Forstall, untuk semua bantuan mereka. Walaupun x86/Linux CLR belum termasuk dalam .NET Core 2.0, saya percaya bahwa itu bisa disertakan dalam rilis dalam waktu dekat," kata Park Jong-hyun, Pemimpin tim Tizen .NET x86 runtime.

"Ini merupakan pengalaman yang menarik dan unik untuk berpartisipasi dalam mengaktifkan RyuJIT untuk ARM32 di .NET. Meskipun kami memulai pekerjaan ini pada bulan Desember yang lalu dengan sedikit pengetahuan tentang RyuJIT, kami telah dapat mengenalkan fitur baru ke RyuJIT untuk ARM32 dengan bantuan dari banyak pengembang dan pengelola. Ulasan dari pengelola sangat rinci, memberi kita wawasan tentang cara kerja internal dari RyuJIT, dan bahkan komentar terkecil pun sangat kami hargai. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami, terutama Bruce Forstall dan Carol Eidt, untuk bantuan khusus mereka. RyuJIT untuk ARM32 tidak akan ada tanpa mereka. Tentu saja, ada beberapa kesulitan karena bekerja di zona waktu yang berbeda, namun kami berhasil memanfaatkan perbedaan waktu untuk mempertahankan pengembangan dan ulasan bisa terus berlangsung selama 24 jam sehari dengan bantuan para pengelola dan pengembang yang terlibat dalam RyuJIT. RyuJIT masih harus terus ditingkatkan, dan saya percaya bahwa hubungan kita akan bertahan dan kita dapat terus memperbaiki RyuJIT dan .NET di masa depan," kata Choi Hyung-kyu, Pemimpin tim Tizen .NET ARM32 RyuJIT.

"Saya telah bekerja sama dengan pengembang Samsung di Tizen, dan berkat proyek Tizen .NET, saya dapat berpartisipasi dalam proyek open source yang aktif dan membantu dalam banyak hal. Mengintegrasikan infrastruktur pengembang Tizen dan .NET telah menjadi pengalaman yang sangat unik. Kami mendiskusikan apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dikerjakan, dan mampu menyelesaikan semua pekerjaan dengan lancar. Secara khusus, saya mendapat banyak bantuan dari Gaurav Khanna, Wes Haggard dan Peter Marcu. Bersama-sama, kami membangun infrastruktur untuk membangun lingkungan ARM32 secara resmi, serta membangun dan mengintegrasikan infrastruktur pembangunan terpisah untuk Tizen. Terima kasih sekali lagi untuk mereka," kata Giuliana Yun Ji-young, Pemimpin tim rilis Tizen .NET.

Tidak lupa para pengembang dari Samsung, Microsoft dan komunita .NET mengajak kita semua merayakan peluncuran dari .NET Core 2.0, dan jangan lupa untuk menantikan Tizen 4.0.