Inilah finalis kompetisi desain aksesoris buat Samsung QLED TV


Katrol, tanaman, dan bahkan papan selancar turut hadir dalam daftar pendek dari 15 desain menakjubkan yang berhasil mencapai final kompetisi untuk menciptakan stand yang unik untuk Samsung QLED TV.


Samsung Electronics telah bermitra dengan Dezeen, majalah desain dan arsitektur terkemuka, untuk meminta konsep stand yang inovatif buat Samsung QLED TV dan mengumumkan finalis untuk kompetisi desain aksesori TV global pertama di Samsung. Kompetisi “Dezeen X Samsung QLED TV: Stand Design Competition” ini menarik lebih dari 1.200 peserta dari 83 negara yang berbeda dan tingkat persaingan setinggi 80:1.


Dengan mencapai tahap kompetisi ini, 15 desain terpilih akan berlanjut ke putaran penjurian berikutnya, dimana lima desain akan masuk ke tahap akhir. Lima finalis akan diumumkan pada 21 Agustus, dengan masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai. Hadiah total 30.000 euro (sekitar 472 juta rupiah) akan diberikan.

Untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, desainer harus menghadirkan desain stand QLED TV terbaik beserta rencana bisnis strategis yang sesuai.



Kumpulan Desain Luar Biasa

Daftar pendek kompetisi menampilkan berbagai desain yang inovatif, termasuk stand TV yang bisa berfungsi ganda sebagai pot tanaman dan satu lagi yang menggabungkan rak display dekoratif. Yang lainnya termasuk desain yang menampilkan sistem katrol dengan berat terbalik, yang terinspirasi oleh kegilaan "hygge" yang populer di Denmark dan ada juga stand yang berfungsi ganda sebagai papan selancar.

Peserta kompetisi diminta untuk mengembangkan desain stand mereka dengan fokus khusus pada gaya hidup pengguna. Sementara beberapa desain terlihat sangat luar biasa, tapi banyak yang masuk daftar hanya lewat desain kayu yang sederhana dan sistem pemasangan di langit-langit yang ditujukan untuk rumah dengan desain yang minimalis, hingga ke stand kaca berwarna yang dirancang agar sesuai dengan dekorasi interior yang lebih mewah.



Pertunjukan Utama di IFA 2017

Kelima finalis tersebut juga akan diundang ke IFA (Internationale Funkausstellung) 2017, pameran dagang elektronik dan peralatan rumah tangga terkemuka di Eropa, yang akan diadakan di Berlin, Jerman mulai 1 sampai 6 September mendatang. Lima desain teratas juga akan dipamerkan sebagai bagian dari instalasi khusus di Stan Samsung selama pameran.

Samsung QLED TV benar-benar merupakan TV gaya hidup (lifestyle TV) yang memberi konsumen kebebasan untuk menempatkan televisi mereka di berbagai ruang keluarga. QLED TV saat ini tersedia dalam model layar datar dan melengkung dan dapat digunakan dengan berbagai stand yang bisa saling dipertukarkan, termasuk Stand Gravity and Stand Studio. Rangkaian QLED TV adalah yang pertama di dunia untuk menstandardisasi struktur stand TV-nya, yang berarti masing-masing stand kompatibel untuk model QLED TV 55-inci dan 65-inci serta The Frame. Stand unik ini memungkinkan konsumen menyesuaikan ruang hidup mereka agar sesuai dengan estetika rumah pribadi mereka.


"Samsung percaya dalam mengembangkan produk yang dirancang dengan indah bisa memberikan nilai keseluruhan bagi konsumen dan gaya hidup unik mereka. Itu sebabnya kami memilih bekerja sama dengan Dezeen untuk menemukan aksesori TV terbaik berikutnya, "kata Kim Hyun-suk, Presiden Visual Display Business di Samsung Electronics. "Produk kami bukan hanya tentang teknologi inovatif saja, tapi juga untuk meningkatkan dekorasi rumah pengguna yang ada."