Monday, June 12, 2017

Samsung siapkan bibit Tizen masa depan di Vietnam


Samsung Electronics telah mendirikan pusat riset dan pengembangan untuk teknologi mobile terbesar di Asia Tenggara di Hanoi, Vietnam pada tahun 2012. Di Vietnam, bekerja di perusahaan asing menjadi impian banyak orang, terutama dengan reputasi tinggi seperti Samsung. Pada tahun 2013, satu pabrik Samsung telah menyumbang 18 persen dari total ekspor buat Vietnam. Bisa dibayangkan sumbangan semua lini bisnis Samsung di Vietnam sekarang yang tidak hanya mengandalkan satu pabrik.

Namun Samsung tidak hanya membangun basis produksi di Vietnam untuk bisa secara perlahan meninggalkan China. Pendirian Samsung Vietnam Mobile R&D Center (SVMC) seperti disebutkan diatas membuat Samsung terlibat secara langsung dalam mendukung berbagai sektor pendidikan di Vietnam, mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Oleh karena itu banyak mahasiswa dari berbagai universitas di Vietnam setelah lulus ingin menjadi bagian dari masa depan Samsung.

Samsung Electronics saat ini telah mengeluarkan beasiswa sekitar 30 juta rupiah per tahun buat 100 mahasiswa yang ada di Hanoi untuk Samsung Talent Program (STP), yang terdiri dari 60 mahasiswa Hanoi University of Science & Technolog (HUST), 20 mahasiswa dari Vietnam National University (VNU) dan 20 mahasiswa dari Posts and Telecommunications Institute of Technology (PTIT) untuk digunakan sebagai biaya hidup sehari-hari, biaya kuliah dan praktikum. Banyak mahasiswa yang tertarik mengikuti program ini mengingat gaji karyawan di perusahaan Samsung sebesar 6 juta rupiah per-bulan.

STP bertujuan untuk memupuk bakat teknologi informasi (IT) dan elektronika telekomunikasi (ET) lokal melalui beasiswa, kursus khusus serta peluang penelitian dan karir. Selain dukungan keuangan, Samsung juga mendirikan Samsung Mobile Labs di beberapa perguruan tinggi yang tidak tercakup STP, serta kurikukum pengembangan aplikasi, termasuk untuk Tizen. Selain Hanoi, program ini juga diperluas ke Thai Nguyen. Tercatat, Samsung sudah mendirikan 10 Samsung Mobile Labs di 9 perguruan tinggi lokal.


Untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi calon pelamar di SVMC, pada bulan November kemarin Samsung mengadakan kompetisi software nasional yang diadakan di Vietnam National Convention Center (NCC). Kontes ini diikuti oleh sekitar 1000 mahasiswa dari seluruh Vietnam.


No comments:

Post a Comment