Samsung luncurkan DRAM mobile 8GB LPDDR4 pertama di dunia


Samsung Electronics hari ini memperkenalkan paket DRAM mobile 8-gigabyte (GB) LPDDR4 (low power, double data rate 4) pertama di dunia, yang diharapkan untukakan lebih meningkatkan pengalaman pengguna mobile, terutama bagi mereka yang menggunakan perangkat berlayar besar dengan resolusi Ultra HD. Paket DRAM mobile 8GB menggunakan empat dari chip memori 16 gigabit (Gb) LPDDR4 terbaru dan teknologi pemrosesan kelas 10-nanometer (nm) tercanggih.

"Munculnya solusi DRAM mobile 8GB kami yang powerful akan memungkinkan lebih banyak perangkat mobile unggulan generasi berikutnya di seluruh dunia," kata Choi Joo-sun, wakil presiden eksekutif Penjualan dan Pemasaran Memori di Samsung Electronics. "Kami akan terus memberikan solusi memori canggih yang menawarkan nilai tertinggi dan manfaat terdepan untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat dari perangkat yang memiliki fitur dual kamera, UHD 4K dan VR."

Memorti 8GB LPDDR4 baru beroperasi sampai dengan 4266 megabit per detik (Mbps), yang dua kali lebih cepat dari DDR4 DRAM untuk PC yang biasanya beroperasi di 2.133 Mbps per pin. Dengan asumsi lebar bus memori 64 bit (x64), ini dapat dilihat sebagai transmisi lebih 34GB data per detik.

Sementara banyak tablet PC high-end ultra-slim menggunakan DRAM 8GB saat ini, baru paket 8GB LPDDR4 dari Samsung yang akan membantu generasi perangkat mobile lainnya bisa mengambil keuntungan penuh dari kapasitas yang sangat tinggi. Misalnya, melengkapi tablet dengan 8GB LPDDR4 akan memungkinkan operasi virtual machine dan pemutaran video UHD 4K dengan halus, yang selama ini menjadi fitur populer dari banyak PC premium.

Samsung DRAM 8GB LPDDR4 menghadirkan konsumsi daya yang jauh lebih efisien untuk penggunaan berkat teknologi pemrosesan kelas 10nm terbaru dan desain sirkuit rendah daya eksklusif dari Samsung. Desain sirkuit ini memungkinkan chip memori untuk menggandakan kapasitas paket DRAM 4GB kelas 20nm milik Samsung, sedangkan mengkonsumsi daya dalam jumlah yang hampir sama.

Paket 8GB LPDDR4 memiliki dimensi XYZ di bawah 15mm per 15mm per 1.0mm, yang memenuhi kebutuhan ruang dari perangkat mobile ultra slim yang paling baru. Menggunakan paket DRAM lebih tipis dari 1.0mm memungkinkan penyusunan paket bersama-sama dengan memori UFS atau prosesor aplikasi mobile, tergantung pada preferensi perangkat produsen, yang akan memungkinkan penghematan ruang lebih lanjut pada printed circuit board.

Pada bulan Agustus tahun lalu, Samsung meluncurkan DRAM 12GB LPDDR4 20-nanometer pertama di dunia. Setelah masa pengembangan hanya 14 bulan, Samsung kini memperkenalkan DRAM 16Gb LPDDR4 kelas 10nm dan solusi paket tunggal DRAM 8GB LPDDR4, yang akan mempercepat peluncuran perangkat mobile generasi berikutnya bahkan dengan kinerja yang lebih canggih.

Samsung akan terus cepat memperluas produksi produk DRAM yang berbasis pada teknologi pemrosesan kelas 10nm. Samsung telah memproduksi DRAM kelas 10nm pada baris fabrikasi terdepan dan berencana untuk juga menggunakan teknologi pemrosesan 10nm di pabrik lainnya dalam waktu dekat, untuk memenuhi semakin meningkatnya tuntutan untuk DRAM mobile high-density yang canggih.