Friday, May 13, 2016

Apakah Samsung bisa mempopulerkan Gear IconX ?


Samsung baru saja mengumumkan kehadiran produk pertama mereka di kategori baru, yaitu Samsung IconX, sebuah Wireless Earphone yang benar-benar wireless, dalam arti memiliki battery sendiri, media player sendiri, dan Storage sendiri tanpa selalu tergantung dengan hardware lainnya (contoh Handphone atau smartwatch). Mungkin produk kategori ini akan disebut Hearables atau Smart Headphones atau Smart Wireless Headphones.

Bermain di produk kategori baru ini memiliki resiko yang besar, karena produk itu belum dikenali oleh masyarakat, sehingga tugas terberat adalah memasarkannya. Tidak banyak kompetitor yang bermain di kategori ini, sementara di monopoli oleh  Moto Hint dan Bragi Dash. Ada juga Earin tetapi hanya berfungsi sebagai pemutar musik, tidak memiliki kemampuan seperti Bragi Dash dan Samsung Gear IconX yang bisa untuk Fitness Tracking, Activity Tracking, mendengar lagu, Touch Control, Bluetooth Connectivity (untuk menjawab panggilan telepon, fungsi text to speech, dll).

Masih ingat sekitar tahun 2013 dimana rumor iWatch akan dirilis oleh Apple? sehingga kemudian kategori smartwatch menjadi booming dan semua berlomba-lomba membuatnya, padahal sebelumnya Samsung telah merilis duluan dan sebagai salah satu pelopor yang pertama dan awal merilis smartwatch dengan nama model Galaxy Gear (masih menggunakan platform Android, bukan Tizen). Kemungkinan hal ini akan terulang lagi, di prediksi setelah Samsung merilis nya, akan di ikuti oleh Apple.


Samsung Gear IconX memiliki spesikasi kapasitas 4GB, water dan dust resistant, dan sensor untuk activity tracking, fitness tracking . Harga Gear IconX belum di ketahui, tetapi jika produk pesaing (Bragi Dash) bermain di range $250 - $300 , maka kemungkinan tidak akan jauh dari harga itu juga.

Beberapa permasalahan lain selain pemasaran, tentunya juga penggunaannya dalam kehidupan nyata, seperti masalah battery yang kecil dan singkat, kualitas suara dan audio, dan masalah konektivitas yang mungkin menjadi kendala. Begitu banyak hardware dan sensor yang harus di gabung menjadi satu dalam ukuran kecil bukanlah pekerjaan mudah. Menghubungkan kedua buah earbuds juga masih belum dijelasin bagaimana kemudahan prosesnya, Bragi menggunakan teknologi NFMI untuk menghubungkan 2 earbuds kiri/kanan, tidak tahu apakah Samsung akan menggunakan teknik yang serupa atau tidak.

Case (tempat penyimpanan) bawaan IconX bisa digunakan untuk charging earbuds IconX , mirip powerbank versi IconX, jadi tidak harus selalu mencari stop kontak / saklar.


                                 Via:  Engadget

No comments:

Post a Comment