Samsung siapkan KNOX untuk Tizen


Samsung Electronics menyatakan niatnya meningkatkan pangsa pasar platform keamanan mobile KNOX untuk ekosistem mobile enterprise. Untuk itu Samsung akan memperluas target pasar yang dituju oleh KNOX, yang tidak hanya meliputi mitra manajemen perangkat mobile (MDM) tapi juga mitra pengembang aplikasi independen (ISV) juga akan ikut digandeng. Dalam hal platform mobile, kedepannya Samsung tidak hanya menyediakan KNOX untuk Android saja, tetapi juga buat perangkat Tizen.

Hal ini ditegaskan oleh Kim Yeong-jip, Managing Director di Samsung electronics divisi bisnis nirkabel saat menjadi pembicara utama dalam Security Next Conference (SNC) 2015 yang diselenggarakan hari ini di COEX Grand Ballroom. Menurutnya, selain sudah digunakan di berbagai bidang usaha, KNOX juga tumbuh sebagai platform keamanan untuk individu juga.

KNOX saat ini aktif digunakan di lebih dari 1,4 juta lebih perangkat. Juga pengguna nyata dalam berbagai bidang telah melampaui 230 juta. Selain itu, 230 juta perangkat Samsung Electronics di lebih dari 30 negara telah mendukung KNOX.

Samsung juga terus memperluas kerjasama untuk KNOX, antara lain dengan dengan SAP, Blackberry, Citrix, dan perusahaan-perusahaan keamanan berskala global lainnya. Dan baru-baru ini KNOX telah terpilih sebagai solusi keamanan mobile terbaik di Global Mobile Awards 2015 dari asosiasi operator seluler seluruh dunia (GSMA).

Terkait dengan Tizen, walaupun belum ada KNOX, perangkat Tizen sudah dilindungi keamanan berlapis melalui Smack atau Simple Mandatory Access Control Kernel, yaitu modul keamanan untuk kernel Linux yang melindungi data dan proses interaksi dari manipulasi berbahaya (malware) yang menggunakan satu set aturan kustom dari mandatory access control (MAC). Sedangkan mulai Tizen 3.0, akan diperkenalkan kebijakan Smack 3-domain yang kompak, dan menepatkan modul baru yang lebih kompak melalui Cynara.