Thursday, July 30, 2015

Sekilas konsep Air UX di Tizen 2.4


Tizen adalah platform yang dibangun untuk masa depan. Platform ini dikembangkan untuk mendorong keterbukaan, untuk menciptakan pengalaman pengguna yang kaya pada perangkat mobile dan perangkat yang terhubung (Connected device). Tizen mengatasi rasa ingin tahu pengguna, memungkinkan mereka untuk dengan mudah mencapai tujuan mereka, dan memungkinkan mereka mengekspresikan kepribadian mereka. Tizen adalah platform yang dirancang untuk tumbuh bersama pengguna, memperkaya kehidupan mereka sehari-hari.


Terinspirasi dari "Air"

"Air (udara)" adalah salah satu inspirasi di balik desain Tizen. Konsep ini diperkenalkan untuk mencapai prinsip-prinsip kunci keterbukaan, mengalir, rasa ingin tahu, dan fokus. "Air" adalah elemen konseptual yang menginspirasi pengalaman visual yang terbuka, fleksibel, dan kaya. Desain harus dibuat untuk memuaskan pengguna dengan presentasi diperkuat secara visual.

Berdasarkan asal dari konsepnya, "Air" berinteraksi dengan "Ground (tanah)," "Atmosphere," dan "Wind (Angin)," untuk membuat hasil yang berbeda. "Ground" melambangkan struktur dan tata letak desain Tizen. "Atmosphere" adalah variasi halus dari prinsip-prinsip "Air", seperti warna, tema, dan variasi desain keseluruhan. "Wind" diciptakan dari aliran dan gerakan "Air." Untuk Tizen, itu melambangkan gerak visual desain grafis yang menyenangkan.


Unsur Alam di Bahasa Desain Tizen UX baru

"GROUND": Desain Tata Letak yang 'Bold dan Distinctive'. Tata letak (layout) khas yang dibuat di mana ketika udara menyentuh tanah.

Dalam bahasa desain tim perancang Tizen UX, "Ground" adalah yang pertama disentuh oleh unsur "Air". Desain struktur yang solid didukung oleh Tizen menyediakan divisi khas (distinctive) di mana semua elemen desain lainnya ditempatkan. Di semua platform yang berlaku, kekhasan struktural seperti ini mengarah ke desain yang dilihat sekilas dan cepat dikenali.

Konsep "Air" mencakup "the beauty of less" dan mengejar hal-hal yang minimalis dalam tata letaknya. Hal ini bertujuan untuk menyediakan hanya konten penting saja berdasarkan kebutuhan yang sebenarnya. Oleh karena itu, konsep "Air" mungkin tidak mengungkapkan potensi penuh pada pandangan pertama.

"ATMOSPHERE": Natural Tones, Colors, and Moods

"Atmosphere" merepresentasikan nada alami, warna, dan suasana hati dalam desain. Terinspirasi oleh gradien warna-warni yang ditemukan di alam, seperti langit biru dengan sedikit awan putih mengambang, matahari terbit (sunrise), matahari terbenam (sunset), dan Northern Light, "Atmosphere" menekankan penggunaan gradien warna untuk mencapai desain yang alami, estetis. Keberhasilan implementasi "Atmosphere" akan bisa meningkatkan pengalaman pengguna.

Menggunakan cahaya, "Atmosphere" bertujuan untuk mencapai transisi alami dari warna seperti yang ditemukan di langit. Dengan warna yang dipilih secara hati-hati, "Atmosphere" menciptakan suasana alami, namun memiliki gradien warna yang menarik.

Pengembang aplikasi direkomendasikan untuk memilih kombinasi warna kontras di latar belakang dan latar depan untuk memastikan pembacaan yang optimal. Penggunaan gradien halus mencegah kontras layar yang terlalu tinggi untuk menjadi membosankan dengan menambahkan variasi yang menjaga visualisasi layar tetap menarik.

"WIND": Animasi Grafis kreasi dari Alam melambangkan aliran dari konten

Konsep "Wind" ini didasarkan pada animasi yang menghadirkan umpan balik kepada pengguna untuk setiap interaksi, sambil menyampaikan informasi yang berarti untuk membantu mengarahkan pengguna. Misalnya, efek visual page-turning yang menunjukkan arah navigasi, dan efek page-end menginformasikan pengguna bahwa mereka telah mencapai halaman terakhir dari konten saat ini. Animasi yang seragam dan harmonis di layar memungkinkan untuk pengalaman visual yang menyenangkan sekaligus memaksimalkan respon dari desain.

Layar Tizen memiliki struktur berlapis-lapis. Setiap lapisan memiliki arah aliran tersendiri, berdasarkan penggunaan dan fitur, untuk transisi layar yang konsisten. Perbedaan arah membantu pengguna dengan jelas mengidentifikasi lapisan, tingkat, atau bagian dari desain interaksi yang sedang berlangsung.

Efek animasi juga mencakup efek fade untuk transisi antara lapisan layar dan untuk membuka dan menutup aplikasi pada layar.














Yang Baru di Tizen 2.4 UX

“Air” Visual Language
Gaya visual dari Tizen telah berkembang satu langkah lebih jauh. "Air" adalah konsep kunci di balik pengalaman visual yang terbuka, fleksibel, dan kaya. Tipografi, ikonografi, warna, dan gerakan yang indah terintegrasi untuk mewujudkan konsep "Air" yang baru.

Notifikasi
Jenis notifikasi aktif ditambahkan untuk secara cepat mendukung tindakan pengguna untuk acara yang sensitif terhadap waktu.

Pola Desain
Pedoman rinci telah disediakan untuk pengembang. Ikuti panduan untuk memberikan pengguna pengalaman yang menyenangkan. Ini sangat penting bagi pengguna untuk merasa nyaman dan akrab dengan aplikasi buatan pengembang dari awal.

Komponen Tizen UI
Tizen menyediakan berbagai komponen UI, seperti komponen navigasi, tampilan presentasi, komponen UI, dan assist view. Untuk Tizen 2.4, komponen UI ini telah disempurnakan dan diperbaiki untuk lebih konsisten dan terorganisir. Komponen UI ini akan membantu pengembang merancang aplikasi mereka dengan lebih nyaman, dan memungkinkan pengguna untuk memahami user interface dengan lebih baik.

Juga, kontrol, seperti tombol action mengambang dan light view, yang baru diperkenalkan di Tizen 2.4 akan membantu pengembang untuk menyediakan pengguna dengan aplikasi yang mudah digunakan. Jika Tizen 2.3 sebelumnya dioptimalkan untuk smartphone dengan layar WVGA, maka Tizen 2.4 ini lebih fleksibel untuk smartphone dengan berbagai resolusi layar, termasuk WVGA dan HD.



No comments:

Post a Comment