Thursday, July 2, 2015

Samsung kembangkan Mapzen, proyek peta dan navigasi open source


Mapzen adalah laboratorium pemetaan open source dibawah Samsung Accelerator yang membangun dan mendukung data dan software terbuka untuk mempromosikan ekosistem pemetaan yang sehat. Mapzen mendukung komunitas geo melalui pengembangan alat dan berkolaborasi pada proyek pemetaan open source untuk membangun ekosistem pemetaan yang sehat, beragam, berkelanjutan, dan dapat diakses oleh semua.

Mapzen yang merupakan divisi dari Samsung Research America (SRA) berfokus pada komponen inti dari platform geo, termasuk pencarian, rendering, navigasi, dan data. Mapzen mengambil pendekatan radikal untuk bekerja pada komponen ini, dan semuanya tersedia secara gratis.

Untuk aplikasi, Mapzen menggunakan data dan software lisensi dari OpenStreetMap. Jadi bila Anda menggunakan aplikasi Mapzen harus memiliki akun di OpenStreetMap. Aplikasi Mapzen yang dibangun berdasarkan proyek open source OpenScienceMap, Open Source Routing Machine (OSRM), Pelias, dan SDK open source dari Mapzen, akan mengakses hardware GPS pada perangkat mobile untuk fitur navigasi dan peta saat berjalan, bersepeda maupun mengendarai mobil.

Beberapa fitur kunci dari Mapzen antara lain:
  • Tangram, sebuah mesin pemetaan fleksibel yang dirancang untuk rendering peta 2D dan 3D secara real-time.
  • Valhalla, sebuah layanan routing open-source dari Mapzen untuk aplikasi routing di sisi client dan solusi host.
  • Metro Extracts, porsi berukuran kota dari database OpenStreetMap, yang disajikan secara mingguan.
  • Pelias, modular open source geocoder menggunakan ElasticSearch untuk fast autocomplete dan forward & reverse geocoding.


Proyek open source Mapzen bisa ditemui di https://github.com/mapzen/


No comments:

Post a Comment