Samsung dan Telefonica kerjasama kembangkan IoT dan Smart Home


Divisi R&D yang ada di Spanyol dari Samsung Electronics Iberia dan Telefónica I+D telah membentuk kemitraan kolaboratif untuk penelitian lebih lanjut ke dalam teknologi baru dan pengembangan kasus penggunaan untuk Internet of Things (IoT). Kedua perusahaan berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari integrasi ekosistem 'Telefónica Thinking Things' dengan kemampuan canggih dari perangkat Samsung, serta memungkinkan bentuk-bentuk baru interaksi dalam bidang IoT.

Sebagai hasil dari kerjasama ini, Samsung dan Telefónica I+D sudah bekerja pada pengembangan dua prototype. Yang pertama mengintegrasikan solusi 'Telefónica Thinking Things Modular' dengan kemampuan perangkat dan teknologi sensor Samsung untuk mengidentifikasi produk dan layanan baru. Prototipe ini akan memungkinkan solusi otonom buat pengembang untuk mengambil keuntungan dari integrasi Telefónica Thinking Things dan perangkat Samsung.

Prototype kedua melibatkan pengembangan tombol fisik yang akan digunakan untuk menyederhanakan penerapan kemampuan IoT dengan lingkungan yang berbeda. Kedua perusahaan bekerja pada cara-cara baru untuk meningkatkan interaksi melalui sensor untuk bidang IoT untuk peralatan rumah tangga dan smart home, seperti kontrol kehadiran serta pengaturan suhu dan kelembaban, yang akan disesuaikan dan dimasukkan ke dalam perangkat Samsung.

"Inisiatif ini dengan Telefónica memungkinkan kita untuk mengeksplorasi kemungkinan yang tak terhitung jumlahnya yang ditawarkan oleh teknologi Samsung yang terkemuka di industri untuk menciptakan solusi inovatif dan membuatnya tersedia untuk konsumen kami," kata Alfredo Aragüés, pimpinan divisi R&D Samsung di Spanyol. "Di Samsung, kami percaya bahwa nilai sebenarnya dari teknologi IoT adalah membuat pengalaman pengguna yang lebih mudah dan lebih intuitif. Ini sebabnya kami menganggap Platform Telefónica Thinking Things sebagai lingkungan yang sangat baik untuk pengembangan inisiatif revolusioner di bidang IoT yang akan dapat membawa peluang ini untuk kehidupan di hari ini."

"Area inovasi produk Telefónica ini adalah mencari di luar tawaran komersial dari Telefonica. Kami ingin memperluas konektivitas untuk semua jenis perangkat baru, membuat pengembangan aplikasi yang menggunakan perangkat ini benar-benar sederhana," kata Francisco Jariego, Direktor Industri IoT di Telefónica I+D. "Bekerja sama dengan Samsung sangat penting untuk mempercepat upaya inovasi kami di IoT untuk tersedia ke pasar, teknologi yang masih akan ada di sini untuk tinggal."

Industri internet akan membuat sebagian besar peningkatan kemampuan komputasi dan konektivitas, serta sensor murah yang disediakan oleh teknologi saat ini dan masa depan, untuk berkumpul dengan sistem industri tradisional. Konvergensi ini akan memungkinkan peluncuran kembali ekonomi global dan diharapkan untuk menghasilkan tambahan 15 miliar dolar dalam 15 tahun.


Via Press Release (PDF)