Persaingan Tizen TV, webOS TV dan Android TV di Q1 2015


Berdasarkan data yang dirilis oleh lembaga riset pasar DisplaySearch (IHS) hari ini, pertumbuhan rata-rata per-kuartal dari produk Smart TV sejak tahun 2013 hingga kuartal pertama 2015 sebesar 3,9%. Total pasar TV dunia cenderung stagnan, dimana konsumen TV lebih banyak yang mengganti TV konvensional mereka ke Smart TV, terutama setelah hadirnya era Ultra High Definition (UHD) TV yang lebih banyak mengandalkan konten digital berbasis internet dan aplikasi daripada siaran broadcast lewat berbagai saluran TV lokal.

Penjualan Smart TV pada kuartal pertama tahun ini total 20,47 juta unit. Samsung Electronics tetap menduduki peringkat pertama dengan menguasai 26,4% pangsa pasar setelah berhasil menjual 5,4 juta unit Smart TV. LG Electronics di peringkat kedua dengan pangsa pasar 15,1% setelah berhasil menjual 3,1 juta unit. Tempat berikutnya diisi oleh Hisense (7,8%), Sky Worth (7,2%) dan Sony (6,7%) di 5 besar.

Semua Smart TV di tahun 2015 dari Samsung Electronics menggunakan sistem operasi (OS) Tizen, sedangkan dari LG menggunakan webOS 2.0. Kedua OS ini dikembangkan sendiri oleh Samsung maupun LG. Sony menggunakan OS Android TV, dan dua produsen asal China masing-masing Hisense dan Sky Worth menggunakan OS yang berbeda-beda sesuai dengan pasar yang dituju (diketahui pernah memakai Roku, Opera maupun Android).


Berdasarkan penilaian dari RTINGS, baik Tizen TV maupun webOS TV sama-sama mendapatkan rating 9 secara keseluruhan. Tizen TV unggul di kegunaan dan fitur, sedangkan webOS TV unggul di kegunaan dan desain. Sedangkan Android TV di produk Sony Smart TV memperoleh rating 7,5. Hanya desain yang mendapat nilai 9 di Sony Smart TV, walaupun ini sebenarnya lebih banyak berhubungan dengan hardware, bukan software Android yang dijalankannya. Satu lagi kekurangan Android TV adalah ketiadaan web browser, sehingga penggunanya tidak bisa berselancar di dunia maya.

Untuk ekosistem aplikasi (dinilai berdasarkan ketersediaan di pasar Amerika Utara), Tizen TV juga unggul dengan ketersediaan aplikasi yang telah melebihi 1000. LG Smart TV dengan webOS 2.0 diperingkat kedua dengan 412 aplikasi dan Android TV di Sony Smart TV cuma memiliki 92 aplikasi, yang kebanyakan adalah aplikasi standar untuk streaming media di internet.