Tuesday, June 30, 2015

Fokus pada keunikan, Samsung memimpin paten wearable dan PFOE


Berdasarkan data dari Lux Research, ada 41.301 paten yang diterbitkan berkaitan dengan elektronik wearable dari tahun 2010 sampai Mei 2015, dan pengajuan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) 40%. Namun, ada kesenjangan dalam portofolio, khususnya yang berkaitan dengan elektronik fleksibel.

Printed, flexible and organic electronics (PFOE) telah menjadi area penelitian yang paling banyak dipublikasi, total ada 140.926 paten sejak 2010 - tetapi tumpang tindih antara paten PFOE dan paten wearable kecil, hanya 651 publikasi. Samsung adalah pengisi paten terbesar di kedua kategori, menyumbang sebesar 4% dari semua paten wearable dan 10% dari semua paten PFOE.

"Komponen elektronik fleksibel menciptakan kemungkinan perangkat wearable yang mudah diselaraskan, mudah diadaptasikan dan imersif yang bisa masuk ke dalam kehidupan sehari-hari secara mulus," kata Tony Sun, analis Lux Research dan penulis utama laporan berjudul, "Are Wearables the Killer Application for Flexible Electronics? Finding the Overlaps, Gaps, and Leaders."

"Namun, kurangnya tumpang tindih paten antara PFOE dan wearable menunjukkan kebutuhan dan kesempatan untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi ini khususnya untuk perangkat elektronik wearable," tambahnya.

Analis Lux Research menilai pengajuan hak paten untuk berbagai teknologi wearable, selain memberi nilai pada metrik kinerja utama. Diantara temuan mereka antara lain:
  • E-paper diantara teknologi yang "diabaikan". Layar E-paper, tinta konduktif, dan baterai film tipis jatuh ke dalam kategori "diabaikan" sebagai teknologi yang memiliki kesesuaian yang kuat untuk wearable tetapi belum banyak terdapat inovasi yang fokus pada aplikasi elektronik wearable.
  • Komunikasi, kesehatan dan kebugaran konsumen menjadi aktivitas paling banyak. Melalui aplikasi akhir, 11% dari paten wearable global untuk aplikasi komunikasi konsumen seperti hiburan, kontrol perangkat, dan penggantian smartphone. Pemantauan kesehatan/atletik sangat dekat di belakangnya dengan 10% - tapi memenuhi sebesar 25% dari total keseluruhan pengajuan yang dilakukan oleh Samsung.
  • Samsung memiliki fokus yang unik. Dibandingkan dengan data global, Samsung juga memiliki fokus yang lebih besar pada faktor bentuk lengan/tangan (35%) dan kepala/leher (28%), yang mencerminkan produk smartwatch dan virtual reality (VR) headgear. Juga, 53% dari paten wearable yang relevan dengan komponen output pengguna, seperti layar dan speaker.


No comments:

Post a Comment