Monday, April 13, 2015

Tizen dan WebOS kuasai pasar Smart TV global


Smart TV berbasis sistem operasi (OS) Tizen dan WebOS menguasai hampir setengah dari pasar Smart TV global pada 2014, dengan Samsung Electronics dan LG Electronics menjadi satu-satunya produsen teknologi yang memiliki pangsa pasar dua digit.

Berdasarkan data yang diumumkan oleh tracker pasar DisplaySearch hari ini, pangsa pasar gabungan Samsung dan LG telah mencapai 43,4 persen tahun lalu, dengan Samsung menguasai 28,2 persen pangsa pasar dan LG untuk 15,2 persen. Pesaing global lainnya telah jauh tertinggal dibelakang dengan Sony dari Jepang di peringkat ketiga dengan 7,6 persen, dan Hisense dan Skyworth masing-masing membukukan 6,7 persen untuk menduduki posisi 4 dan 5.

Samsung juga berhasil memposting skor tertinggi di segmen lainnya, dengan pangsa di pasar TV layar datar global yang mencapai rekor tertinggi 29,2 persen tahun lalu. LG mengikuti dengan 16,7 persen, sedangkan Sony tertinggal dengan 7,9 persen dan Hisense dibelakangnya dengan 5,5 persen. Perusahaan China lainnya, TCL, berada diperingkat ke-5 dengan 4,6 persen.

Dalam hal pasar TV Ultra HD atau UHDTV, Samsung menyumbang 34,7 persen dan LG mengambil 14,3 persen pada tahun 2014. Sony, Hisense dan Skyworth masing-masing dibelakangnya dengan 10 persen, 8,2 persen dan 6,3 persen.

DisplaySearch memperkirakan pengiriman Smart TV gabungan akan mencapai 97 juta unit tahun ini, yang berarti mengambil 41,2 persen dari penjualan gabungan dari semua TV layar datar.

Awal tahun ini Samsung mengatakan akan memanfaatkan pasar Smart TV global secara lebih mendalam melalui lineup HD TV, baik yang mengadopsi teknologi quantum-dot yang dapat mereproduksi warna 64 kali lebih akurat daripada yang terdapat pada liquid crystal display (LCD) konvensional. Semua model Smart TV dari Samsung akan didukung oleh sistem operasi Tizen.

LG juga telah mempromosikan platform Smart TV WebOS 2.0, versi terbaru dari platform WebOS TV yang pertama kali dirilis tahun lalu. Perusahaan mengatakan sistem barui ini akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dengan kinerja yang lebih cepat.


2 comments:

  1. Mohon penjelasan tentang bagaimana cara menginstal plugin pada smarttv samsung. Trims

    ReplyDelete
  2. Maksudnya plugin buat Adobe Flash? Samsung Smart TV tidak support Flash, tapi HTML5.

    ReplyDelete