Samsung rilis robot vacuum POWERbot berbasis Tizen di Korea


Samsung Electronics hari ini merilis model terbaru dari robot vacuum cleaner POWERbot di Korea. Yang menarik adalah perangkat ini sekarang menggunakan sistem operasi (OS) Tizen untuk membuatnya bisa berinteraksi dengan pengguna melalui sebuah aplikasi yang terinstal di smartphone atau perangkat lain. Samsung mengatakan bahwa POWERbot Tizen ini adalah anggota terbaru dari Samsung Smart Home.

Untuk bisa berinteraksi dengan POWERbot Tizen ini, pengguna harus menginstal aplikasi 'Samsung Smart Home' yang bisa didownload secara gratis. Setelah instalasi, Anda bisa berhubungan dengan POWERbot secara nirkabel melalui koneksi router Wi-Fi di rumah.

POWERbot bisa bergerak secara otomatis untuk membersihkan semua area di rumah atau dikendalikan secara manual melalui aplikasi sebagai pengendali jarak jauh, misalnya untuk bergerak maju, ke kiri, ke kanan, belok atau memutar, dan sebagainya. Ada opsi pilihan pembersihan secara auto, manual, perbagian, dan sebagainya melalui aplikasi yang telah dirancang agar intuitif dan mudah digunakan. Begitu juga untuk pilihan mode penghisapan kotoran, ada pilihan normal, auto dan silent.

Kalau Anda benar-benar sibuk, POWERbot Tizen ini juga bisa mengurus dirinya sendiri dan melakukan fungsi pembersihan ruangan secara mandiri. Ketika kehabisan daya misalnya, POWERBot Tizen ini akan langsung menuju tempat pengisian daya yang terdekat untuk mengisi daya. Anda juga bisa mengaktifkan waktu penjadwalan untuk membersihkan ruangan, misalnya satu jam sebelum Anda pulang dari kantor setiap hari atau setelah pesta selesai. Anda bisa mengetahui status dan kondisi POWERbot secara real-time melalui aplikasi di smartphone, apakah sedang membersihkan, sedang mengisi daya atau diam menunggu perintah.

"Menghubungkan POWERbot dengan smartphone menunjukkan konektivitas yang lebih baik dalam produk Samsung Smart Home. Kami akan terus membawa inovasi ke dalam produk kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kenyamanan pengguna," kata Park Byong-dae, wakil presiden Samsung Electronics untuk divisi peralatan rumah tangga.

Selain melalui aplikasi, POWERbot juga bisa dikendalikan melalui remote control baru yang didesain secara ergonomis untuk bisa dioperasikan dengan satu tangan. POWERbot Tizen ini bisa dibeli mulai besok, 3 April, di toko retail Samsung di Korea dengan harga 1,29 juta won atau sekitar 15 juta rupiah, lebih mahal dari model sebelumnya yang tanpa menggunakan OS Tizen.