Thursday, March 26, 2015

Samsung kerjasama dengan CITIC Group untuk Samsung Pay di China & HK

Chairman CITIC Group Chang Zhen-ming (kedua dari kiri) dan VP Samsung Jay Lee (ketiga dari kiri)

Vice Chairman Samsung Electronics Lee Jay-yong (Jay Y. Lee) kemarin bertemu dengan Chairman CITIC Group (中国中信集团公司) Chang Zhen-ming (常振明) di Beijing untuk membahas kemitraan bilateral di bidang bisnis finansial. Jay Lee ingin perusahaannya membuat langkah besar untuk masuk ke industri keuangan dengan menggandeng perusahaan finansial dan perbankan terbesar milik pemerintah China ini.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Chang Won-ki, President dari Samsung China, Yoon Yong-am, CEO dari Samsung Securities, Cheng Boming, general manager dari CITIC Securities dan Su Guoxin, wakil presiden dari CITIC Bank China.

Pada tanggal 26 Maret hari ini, Samsung mengumumkan bahwa kedua pihak akan mengeksplorasi kesempatan untuk memperluas dan mengembangkan kemitraan. Pada tanggal 9 Maret sebelumnya, Samsung Securities telah menandatangani MOU (Memorandum of Understanding) dengan Citic Securities yang meliputi data penelitian dan pelayanan PB (Private Banking), cross-selling, dan area IB (Investment Banking).

Baik Jay Lee dan Chang Zhen-ming berbagi pendapat tentang ekspansi kemitraan kedua perusahaan, termasuk bisnis manajemen aset ETF (Exchange-Traded Fund). Setelah Hong Kong diperbolehkan melakukan cross-selling antara Shanghai dan Bursa Efek Hong Kong mulai November lalu, Samsung Securities telah memfokuskan bisnisnya pada pasar China dan Hong Kong sejak itu.

Perjanjian ini memiliki makna yang sangat penting bagi Samsung, karena merupakan kerjasama konkrit pertama dengan sebuah perusahaan keuangan berskala global. Perusahaan afiliasi keuangan Samsung selama ini memiliki posisi yang relatif lebih kecil di sektor keuangan global daripada divisi manufaktur mereka yang telah mendunia.

Jay Lee telah bertemu para eksekutif di sektor keuangan global untuk membangun jaringan yang kuat buat perusahaannya. Pada awal bulan ini, Jay Lee bertemu dengan CEO beberapa perusahaan penyedia kartu kredit di Amerika Serikat untuk membahas langkah-langkah kooperatif terkait dengan Samsung Pay yang baru saja diluncurkan setelah perusahaan mengakuisisi LoopPay, startup pengembang layanan pembayaran mobile yang berbasis di Amerika Serikat bulan lalu.



No comments:

Post a Comment