Tuesday, February 3, 2015

Samsung siapkan peluncuran peralatan rumah tangga berbasis Tizen

CEO Samsung Electronics BK Yoon bersama figure skater Kim Yuna (김연아)

Samsung Electronics saat ini sedang mempersiapkan peluncuran berbagai peralatan rumah tangga berbasis sistem operasi (OS) Tizen seperti kulkas, AC dan mesin cuci sebagai bagian dari proyek Internet of Things (IoT) yang sekarang menjadi fokus utama perusahaan hingga 2020.

"Kami sedang mempersiapkan peluncuran TV, lemari es, AC dan peralatan rumah tangga premium lainnya berbasis Tizen tahun ini," kata Yoon Boo-keun (BK Yoon), CEO dari Samsung Electronics kepada wartawan hari ini di acara Samsung Media Day 2015 yang berlangsung di Seocho Town, sambil menambahkan bahwa perusahaannya secara bertahap berencana untuk membuat semua produk baru pada tahun 2020 akan tersambung ke Internet.

"Saya pikir kita harus membuat persiapan buat IoT untuk pertumbuhan di masa depan, karena sebelumnya kita hanya tumbuh dalam ukuran dengan beralih dari...feature phone ke smartphone," kata CEO Yoon.


Dalam acara ini Samsung Electronics memperkenalkan produk mesin cuci dan AC unggulan di tahun 2015, termasuk mesin cuci Active Wash dan Bubble Shot serta Smart Air Conditioner Q9000 ke pasar global. "Kami berharap untuk menjual sekitar 15 juta unit mesin cuci tahun ini dan model Active Wash akan mencapai 20% ​​dari total penjualan," kata CEO Yoon.

Samsung Electronics sebelumnya mengatakan bahwa Tizen merupakan bagian terbesar dan terpenting dari strategi IoT mereka yang mencakup semua kategori perangkat di seluruh lini produk Samsung. CEO Yoon saat menjadi pembicara utama di International Consumer Electronics Show (CES) 2015 mengumumkan bahwa semua perangkat Samsung akan siap untuk IoT dalam lima tahun. Mengingat bahwa Samsung Electronics telah menjual sekitar 665 juta perangkat pada tahun lalu saja, yang bisa diterjemahkan akan sangat banyak perangkat yang menjalankan OS Tizen mulai tahun ini.


Seorang pejabat Samsung Electronics sebelumnya mengatakan bahwa perusahaanya berencana untuk meluncurkan kulkas atau lemari es pertama yang berbasis OS Tizen pada kuartal keempat tahun ini. "Pada kuartal keempat tahun ini, kita berencana merilis kulkas yang dilengkapi dengan OS Tizen."




No comments:

Post a Comment