Tizen dan webOS bakal dominasi pasar Smart TV


Pasar perangkat Connected TV (termasuk Smart TV, smart blu-ray player, konsol game dan media streaming digital) tumbuh 5 persen dalam hitungan per-kuartal di Q3 2014 dan tumbuh 28 persen dalam hitungan per-tahun untuk mencapai 168 juta unit. Platform software Tizen dan webOS untuk Smart TV diperkirakan akan mendominasi pasar dan menciptakan standar industri baru untuk connected TV.

Menurut laporan "USA Connected TV Device Tracker: Q3 2014" dari Strategy Analytics, Sony memimpin masih memimpin pasar Amerika Serikat (AS) di segmen konsol game untuk kuartal ketiga berkat PlayStation 4, diikuti oleh Microsoft yang berhasil menjual 30 juta Xbox di AS.

Samsung Electronics makin mendominasi segmen pasar Smart TV di AS dengan penguasaan 35 persen pangsa pasar selama kuartal ketiga. Vizio ditempat kedua diikuti oleh Sony dan LG. Vizio adalah produsen TV murah untuk pasar lokal AS. Untuk pangsa pasar global, posisi kedua ditempati oleh LG.

Pangsa pasar produsen konsol game tradisional seperti Nintendo dan Microsoft terus menurun setelah produsen-produsen TV seperti Samsung, LG, Sony dan lainnya meluncurkan produk Smart TV yang selain digunakan untuk menangkap siaran TV tradisional juga bisa digunakan untuk bermain game dan memainkan konten multimedia dari internet.

"Pasar perangkat connected TV saat ini ditandai oleh platform proprietary tetapi untuk masa yang akan datang akan ditandai dengan hadirnya sistem operasi open source untuk platform TV," kata Eric Smith, analis untuk Connected Home Devices di Strategy Analytics. "Google Android telah ditinggalkan, LG telah menggantikan platform ini dengan WebOS dan produk Smart TV pertama yang didukung oleh Tizen dari Samsung diharapkan akan muncul di tahun 2015. Standar keterbukaan semacam ini mungkin akan menjadi kunci untuk menghadirkan kemampuan yang sebenarnya dari Connected TV."

Sampai dengan akhir tahun lalu, Samsung dan LG masih mendominasi pasar Smart TV dunia. Kedua perusahaan ini juga telah mengumumkan kesepakatan untuk bekerjasama dalam membangun ekosistem bersama untuk Smart TV.