Samsung Electronics pilih pertahankan 'status quo'

3 CEO Samsung Electronics (dari kiri): Kwon Oh-hyun (DS), JK Shin (IM) dan BK Yoon (CE)

Samsung Group hari ini mengumumkan bahwa Samsung Electronics akan mempertahankan trio CEO mereka selama perombakan (reshuffle) eksekutif tingkat atas. Sejak Chairman Lee Kun-hee masih belum pulih dari serangan jantung yang dideritanya sejak bulan Mei kemarin, reshuffle menjadi hal pertama yang banyak diberitakan akan dilakukan oleh Samsung Eletronics di bawah kepemimpinan anaknya, Vice Chairman Lee Jae-yong (Jay Y. Lee).

"Kami telah memutuskan untuk mempertahankan status quo untuk saat ini," kata seorang pejabat dari Samsung Electronics dalam sebuah pernyataan kepada wartawan di Korea.

Tradisi reshuffle tingkat eksekutif akhir tahun akan tetap mempertahankan kepala divisi IT & Mobile (IM) Shin Jong-kyun (JK Shin), yang beberapa laporan sebelumnya diramalkan akan diganti karena kinerja yang buruk dari bisnis smartphone. Sementara Vice Chairman Kwon Oh-hyun dan Presiden Yoon Boo-keun (BK Yoon) juga akan tetap tinggal di pos mereka memimpin divisi Device Solution (DS) dan Consumer Electronics (CE).

"Kami berharap bisnis mobile akan lebih baik di bawah kepemimpinan Shin," kata Lee Joon, kepala komunikasi di Samsung Future Strategy Office kepada wartawan Korea dalam sebuah briefing. Dia juga menjelaskan bahwa afiliasi bisnis elektronik konsumen (CE) yang juga kritis tidak memiliki pilihan lain selain tetap mengejar "stabilitas" daripada perubahan radikal karena Chairman Lee, yang membuat keputusan penting tertinggi, masih berupaya memulihkan diri.

Sekarang, Samsung sedang menghadapi transisi kekuasaan kepada Vice Chairman Samsung Electronics Jay Y. Lee. "Ketika junior Lee mengambil alih sepenuhnya, maka Samsung akan melihat perubahan nyata dalam manajemen," kata seorang eksekutif senior di sebuah afiliasi komponen kepada The Korea Times.

Samsung Electronics hanya mempromosikan tiga presiden, angka terendah sejak 2008.

"Tahun ini, kinerja Samsung Electronics dan afiliasi lainnya tidak baik," kata Lee Joon. Samsung mempromosikan delapan presiden baru tahun lalu karena adanya rekor pendapatan yang disadari oleh perusahaan waktu itu.

Pengambil keputusan tertinggi di Samsung Future Strategy Office, termasuk kepala kantor Choi Gee-sung juga akan tetap diposisinya. Pada divisi mobile, tiga akan keluar - kepala divisi strategi pemasaran Lee Don-Joo, kepala operasi global Kim Jae-kwon dan pusat pengembangan handset Lee Chul-hwan.

Lee Joon mengatakan bahwa perusahaannya akan merestrukturisasi Media Solution Center (MSC), yang mengelola pengembangan konten dan software milik Samsung Electronics. Kepala MSC yang lama Hong Won-Pyo telah dialihkan ke pemasaran global, yang berarti bahwa posisi puncak kini kosong.

"Para kepala eksekutif yang keluar telah mengambil tanggung jawab atas kinerja suram yang terus berlanjut," kata Lee.

Selain Samsung Electronics, Samsung Group juga mengganti CEO Samsung SDI, Samsung Securities dan Samsung Electro-Mechanics. CEO Samsung SDI Park Sang-jin akan kembali ke posisi sekunder. Menurut seorang juru bicara Samsung, reshuffle berikutnya sebagai tindak lanjut mungkin datang pada hari Rabu.

"Pewaris Samsung Lee Jae-yong membuat pilihan yang masuk akal pada petinggi di Samsung Electronics. Dengan sedikit perubahan, Samsung bertujuan untuk comeback," kata seorang pejabat. Dia kemudian menambahkan bahwa Samsung Electronics diperkirakan akan membuat unit baru untuk meningkatkan peran business-to-business (B2B) dengan klien perusahaan dan untuk menangani proyek-proyek futuristik untuk Internet of Things (IoT).