Cara browsing internet di Samsung Smart Camera berbasis OS Tizen


Sebuah Smart Camera adalah kamera digital yang memiliki sistem hardware dan software yang terpadu yang mampu membuatnya bekerja secara mandiri, termasuk terkoneksi dengan internet untuk berbagi foto yang dihasilkan. Fungsi terhubung ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk juga melakukan aktivitas browsing internet.

Saat ini sudah ada 7 Smart Camera buatan Samsung Electronics yang berbasis sistem operasi (OS) Tizen, masing-masing adalah NX300, NX2000, NX300M, NX30, NX mini, NX3000 dan yang terbaru NX1. Berbekal Smart Camera berbasis Tizen dan titik akses Wi-Fi yang tersedia, berikut ini caranya browsing internet secara langsung dari layar kamera Anda.

Tapi sebelumnya kita perlu mengingatkan bahwa langkah-langkah diatas terkadang bisa mengakibatkan kamera Anda menjadi crash atau hang. Anda bisa mengatasinya dengan melepas baterai dan menghidupkannya kembali. Jadi lakukan dengan kesadaran bahwa segala resiko Anda akan tanggung sendiri.

Menggunakan Flickr
  • Pilih Wi-Fi pada tombol mode
  • Pilih SNS & Cloud
  • Pilih Flickr (pastikan Anda tidak login)
  • Gulir ke bawah layar log-in dan klik pada "View desktop version"
  • Klik pada logo Yahoo!
  • Halaman depan yahoo.com akan muncul dan Anda dapat menggunakan kotak pencarian untuk menavigasi ke halaman apa pun yang Anda cari.

Jika Smart Camera Anda tidak memiliki layanan Flickr (seperti misalnya pada NX300, NX2000), Anda dapat melakukan trik yang sama dengan SkyDrive sebagai gantinya (pastikan juga jangan sampai login dulu). Setelah membuka SkyDrive pada kamera Anda kemudian klik pada link "What’s this" yang ada pada area entri user/password.

Menggunakan SkyDrive
Langkah ini akan membawa Anda ke halaman milik Microsoft yang menunjukkan ikon kaca pembesar yang berfungsi sebagai search engine di mana Anda dapat memasukkan link URL (tapi untuk masuk ke pencarian internet Anda perlu memilih pencarian web yang lebih luas karena sebagai default adalah microsoft.com saja). Hasil pencarian akan disajikan oleh search engine BING dan Anda bisa menggunakan fungsi dari 'search the web.'

Berdasarkan pengalaman, tampaknya bahwa web browser pada Smart Camera tidak 100% stabil karena memang tidak didesain untuk bisa melakukan hal itu. Beberapa hal tidak diakomodasi dalam browser, misalnya audio, video dan geolokasi. Anda juga tidak bisa melakukan proses upload maupun download, serta juga mengaktifkan kamera sebagai webcam.