Wednesday, August 27, 2014

Samsung Apps konfirmasi layar melengkung dengan resolusi HVGA untuk seri Gear baru


Rumor sebelumnya mengatakan bahwa Samsung Gear 3 akan memiliki layar AMOLED yang melengkung persegi panjang seperti Gear Fit (walaupun tidak akan sepanjang Gear Fit), bukan bujur sangkar seperti Gear 2 atau Gear 2 Neo. Kemungkinan besar hal ini akan menjadi kenyataan setelah adanya penambahan resolusi layar baru untuk aplikasi yang didaftarkan buat smartwatch seri Gear di toko aplikasi Samsung Apps.

Fakta ini pertama kali ditemukan oleh LuxHex, salah satu pengembang aplikasi Tizen yang cukup aktif menghadirkan karya-karyanya untuk smartphone Tizen maupun perangkat wearable berbasis Tizen. Jika Anda ingin menambahkan aplikasi baru untuk Samsung Gear melalui Samsung Apps, Anda akan menemukan resolusi baru saat ingin mengunggah binary untuk aplikasi Anda. Resolusi baru ini adalah 360x480 (HVGA), lebih tinggi dari resolusi 320x320 (Square QVGA) yang sebelumnya digunakan oleh Galaxy Gear, Gear 2 dan Gear 2 Neo.

Resolusi HVGA ini membuktikan bahwa layar Gear 3 akan melengkung karena resolusi tinggi lebih besar dari resolusi panjangnya, atau akan melebar keatas bukan memanjang ke samping. Akan terasa sangat aneh dan tidak nyaman jika seandainya layar yang digunakan tidak melengkung.


Rumor sebelumnya juga mengatakan kalau Samsung juga juga meningkatkan tingkat kecerahan layar dan saturasi warna pada layar AMOLED terbaru yang digunakan Gear 3 dan bezel pada sisi layar juga akan lebih tipis dari perangkat Gear sebelumnya. Tombol Home yang digunakan juga akan lebih persegi dan besar.

Satu-satunya pengurangan adalah, Samsung kemungkinan akan menghilangkan kamera dan kemungkinan juga akan menambahkan fungsi seluler sehingga menjadikan perangkat wearable baru ini bisa berfungsi layaknya smartphone untuk melakukan panggilan dan mengakses internet tanpa harus terhubung dengan smartphone.

Samsung kemungkinan akan meluncurkan perangkat Gear 3 atau Gear Solo ini pada pameran dagang produk elektronik konsumen IFA 2014 atau dalam acara dalam acara Samsung Unpacked 2014 Episode 2 yang akan berlangsung bulan depan di Berlin, Jerman.


No comments:

Post a Comment