Sunday, June 1, 2014

Tizen TV SDK akan dirilis bulan Juli


Seperti yang diberitakan sebelumnya, platform TIZEN TV dan TIZEN TV SDK akan diperkenalkan kepada publik saat berlangsungnya Tizen Developer Conference (TDC) 2014 yang akan berlangsung pada 2-4 Juni 2014 mendatang di San Fransisco. Platform ini didasarkan pada arsitektur TIZEN Mobile serta menambah dan menghapus beberapa komponen utama sesuai dengan fitur Smart TV.

Walaupun arsitekturnya didasarkan pada TIZEN Mobile, namun berbeda dengan Mobile, TV adalah sebuah platform baru yang diperkenalkan di TIZEN sehingga membutuhkan pengalaman pengguna yang unik yang jauh berbeda dari interface yang berbasis layar sentuh. Dengan layar besar, user interface yang berpusat pada remote control tradisional yang kuno, akan memberikan pengalaman pengguna yang sama sekali berbeda.

Oleh karena itu, Samsung Electronics telah merancang konsep sistem input baru yang memenuhi kesenjangan antara TV dan mobile, mengembangkan modul baru untuk menangani skenario pengelaman pengguna (user experience) yang eksklusif untuk TV. Platform TIZEN TV juga dirancang agar pengembang bisa dengan cepat membuat aplikasi yang menggunakan teknologi standar seperti CSS, HTML5, dan JavaScript.

Menurut Yonhap News Agency, Samsung Electronics hari ini mengatakan akan mengungkapkan software development kit (SDK) untuk Tizen TV yang dapat memungkinkan pengembang software untuk dengan mudah membuat aplikasi baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Versi Beta akan tersedia untuk di-download dari situs forum online untuk pengembang Smart TV (www.samsungdforum.com) dimulai pada awal Juli.

Samsung juga mengatakan bahwa versi Tizen TV SDK yang lain yang akan dirilis pada akhir tahun ini yang akan dibuat agar orang dapat lebih mudah membuat aplikasi animasi, dan memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan Smart TV menggunakan gerakan tangan dan perintah suara.

Sistem ini juga diharapkan untuk menawarkan konektivitas yang lebih baik dengan berbagai perangkat mobile dan wearables yang dapat memperluas ruang lingkup aplikasi yang dapat dikembangkan.


No comments:

Post a Comment