Sunday, April 20, 2014

Meningkatkan kinerja game HTML5 dengan WebCL


WebCL menyediakan tool yang ampuh untuk mengeksploitasi data dan task paralelisme melalui Javascript untuk memiliki lebih dari game logic, partikel dan efek fisik yang telah ditingkatkan yang sebaliknya tidak akan mungkin di Javascript. Samsung Advanced Software Platform Lab telah memperkenalkan konstruksi WebCL dan pengembangan kernel, paralelisme dalam efek partikel dan akhirnya menampilkan kasus penggunaan untuk pembuatan game HTML5 lintas-platform untuk perangkat TIZEN.

OpenCL adalah standar terbuka dari Khronos Group mendefinisikan API dan model pemrograman untuk memungkinkan komputasi paralel pada platform heterogen (CPU multi-core, GPGPU). Sedangkan WebCL - yang baru saja dirilis spesifikasi WebCL 1.0 pada bulan Maret kemarin - mendefinisikan JavaScript binding untuk OpenCL dan memungkinkan pengembang aplikasi web untuk menggunakan akselerasi yang disediakan oleh OpenCL.

API ini memungkinkan pengembang aplikasi untuk meningkatkan kinerja aplikasi dengan memanfaatkan paralelisme dari prosesor multi-core, yang terutama dirancang untuk tugas-tugas komputasi yang intensif, seperti pengolahan grafis, simulasi fisik, game, animasi 3D, komputasi fotografi, dll.


Add-on untuk TIZEN SDK 2.2.1 bisa diunduh di: https://developer.tizen.org/downloads/add-on-sdks#opencl. Add-on OpenCL dan WebCL untuk TIZEN ini adalah implementasi yang dibuat oleh tim Samsung Advanced Software Platform Lab untuk OpenCL 1.1 buat CPU ARM.


Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video berikut.



No comments:

Post a Comment