Thursday, March 13, 2014

CEO Samsung: Peralatan rumah tangga berbasis OS TIZEN akan meluncur tahun ini


Samsung Electronics secara resmi telah meluncurkan lemari es high-end baru untuk pasar Korea pada sebuah acara mewah di Seoul pada hari Rabu (12/3) kemarin, lengkap dengan penampilan oleh chef bintang Michelin yang tergabung dalam Samsung Club des Chefs, duta besar Prancis dan aktris Gianna Jun (Jun Ji-hyun) yang terkenal lewat film The Thieves dan My Sassy Girl.

"Samsung telah memiliki daya tarik yang kuat di kalangan konsumen yang menginginkan lebih dari peralatan rumah tangga mereka. Dari lemari es yang berkilau hingga oven flex-duo, peralatan rumah tangga kami dibangun untuk masuk ke dalam gaya hidup Anda," kata Yoon Boo-keun, co-CEO Samsung Electronics dan Presiden dari divisi Consumer Electronics (CE) di Samsung Electronics. "Dengan inisiatif seperti Samsung Club des Chefs, kita bergerak di luar dari hanya memastikan ke dalam gaya hidup Anda sekarang dengan menciptakan kemungkinan baru untuk kehidupan rumah, yang sejahtera. Kita berdedikasi untuk mengungkap bagaimana Anda dapat mencapai pengalaman yang lebih halus, yang lebih tinggi di setiap ruangan di rumah Anda."

Dan eksekutif Samsung tidak akan pernah lupa untuk mengatakan tentang upaya perusahaan mereka untuk menghubungkan berbagai perangkat yang mereka buat, dari lemari es ke smartphone hingga televisi. Ini menjadi menjadi proyek jangka panjang, high-profile, dan tujuan utama bagi perusahaan.

Peralatan rumah tangga tidak terlalu menghasilkan banyak keuntungan bagi Samsung. Pada kuartal keempat tahun 2013, divisi Consumer Electronic (CE) dari Samsung Electronic, yang meliputi TV layar datar serta peralatan rumah tangga, menyumbang sekitar 8% dari laba usaha, dibandingkan dengan sekitar 66% untuk divisi penjualan smartphone dan produk mobile lainnya.

Sementara lemari es baru ini belum dapat terhubung ke peralatan lainnya sebagai bagian dari proyek Samsung "Smart Home," seorang juru bicara dari Samsung Electronics mengatakan bahwa perusahaannya sedang sibuk membuat iterasi masa depan untuk peralatan rumah tangga agar mampu berbicara dengan perangkat lainnya.

Presiden Yoon Boo-keun Yoon juga mengatakan, seperti yang dikutif oleh The Wall Street Journal hari ini, bahwa peralatan rumah tangga baru yang menjalankan sistem operasi (OS) TIZEN akan muncul tahun ini.


Sebelumnya saat berada di pameran elektronik terbesar CES 2014 yang berlangsung Januari kemarin di Las Vegas, Samsung mengatakan bahwa mereka saat ini sedang mengembangkan OS TIZEN untuk memperkuat semua produk elektronik konsumen. "Kita akan merilis berbagai produk elektronik konsumen dengan OS TIZEN," kata saah seorang pejabat senior di Samsung Electronics.

Strategi Samsung ini didasarkan pada dorongan untuk menciptakan konvergensi dan konektivitas yang lebih baik melalui platform software yang terpadu. Dua unsur ini sangat penting buat konsep Smart Home yang sebenarnya, dimana pasar ini diperkirakan akan terus berkembang cepat seiring dengan kebutuhan konsumen akan ekosistem untuk semua perangkat di sekitar mereka.

"Dalam 30 sampai 40 tahun terakhir jika kita melihat kebelakang, sama sekali tidak ada inovasi dalam produk elektronik konsumen. Jika Anda melihat tren teknologi IT, maka akan bisa dikombinasikan pada peralatan elektronik pada saat ini," kata Vice Chairman dan Co-CEO Samsung Electronics Kwon Oh-hyun saat acara Samsung Analyst Day pada bulan November tahun lalu. "Perpaduan antara produk elektronik dan produk IT akan bisa memacu perkembangan dari pasar untuk jenis peralatan 'digital'."

No comments:

Post a Comment