Samsung siapkan prototype OLED TV fleksibel untuk CES 2014


Samsung akan menunjukkan prototipe OLED TV dengan layar fleksibel yang bisa dikendalikan dengan remote control untuk mengubah bentuk layar nya sebagai "The Next Big Thing" di pameran elektronik konsumen terbesar Internatonal Consumer Electronics Show (CES) 2014 yang berlangsung tanggal 7-10 Januari 2014 di Las Vegas Convention Center, Amerika Serikat.

Karena pameran tahunan ini telah lama dianggap sebagai tempat untuk melihat tren dan perangkat baru di industri, perhatian pengunjung tentunya akan difokuskan pada teknologi baru yang akan memukau dunia. Samsung Electronics yang mendapat perhatian tahun lalu dengan OLED TV 55-inci dengan layar melengkung (curved), sedang mempersiapkan untuk memberi kejutan buat peserta dan dealer lagi tahun ini dengan meluncurkan OLED TV fleksibel.

"Samsung akan meluncurkan sebuah prototipe dari OLED TV fleksibel pada pameran CES bulan depan," kata seorang pejabat industri yang akrab dengan masalah ini kepada The Korea Times hari ini. Dia menolak untuk mengungkap rincian spesifik tentang TV jenis baru ini ㅡ dan hanya mengatakan bahwa ukuran layar nya akan "besar."

Konsep dasar dari TV fleksibel dengan remote control adalah bahwa pengguna dapat menggunakan remote kontrol untuk menekuk layar ke arah yang diinginkan, yang memungkinkan pemirsa untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih baik. Sedangkan OLED TV versi lama yang melengkung tidak fleksibel dan sudut pandang akan tetap atau statis.

Samsung mengatakan bahwa teknologi terbaru ini akan menggunakan panel layar OLED berbasis plastik dan panel belakang yang dapat mengubah bentuk layar atau mengalami deformasi.

"Produk baru ini merupakan kemajuan teknologi TV dan menunjukkan komitmen yang kuat dari perusahaan untuk tetap memimpin diatas pesaing utama," kata pejabat itu. "Mitra komponen lokal utama dari Samsung jelas terlibat didalamnya, termasuk Samsung Display yang sudah berada dalam proses penyediaan bagian yang diperlukan. Saya belum tahu apakah prototype ini akan ditampilkan di stan Samsung atau hanya kepada klien utama dalam pertemuan tertutup," katanya.

Pada bulan Mei kemarin, Kantor Paten Amerika Serikat United States Patent Office (USPTO) telah memberikan paten baru buat Samsung untuk OLED TV fleksibel.