Qt for Tizen sekarang resmi menjadi bagian dari proyek TIZEN


Tim Qt for Tizen Project pada hari Senin (16/12) kemarin mengumumkan bahwa source code dari Qt for Tizen sekarang telah resmi menjadi bagian dari repositori TIZEN. Ini berarti bahwa TIZEN Project sekarang menggabungkan baik perbaikan standar dari Qt serta integrasi yang pesifik untuk TIZEN dari Qt for Tizen 1.0 Alpha 5 yang telah dirilis sebelumnya. Setiap perubahan dalam code sekarang dapat di review dengan menggunakan layanan pada tizen.org.

Selain itu, beberapa paket integrasi dari Qt dan Qt for Tizen sekarang juga dibangun dalam infrastruktur tizen.org. Ini berarti binari pre-compiled akan tersedia untuk pengembang aplikasi dan system integrator pada profil TIZEN yang tersedia saat ini dan masa depan, untuk digunakan dengan emulator dan perangkat TIZEN yang tersedia.

Angka-angka dibawah ini menggambarkan skala kehadiran dan pentingnya kontribusi dari proyek Qt for Tizen secara inklusif. Jumlah modul dan class menunjukkan bagaimana fungsi yang luas telah tercakup dalam Qt API. Mengingat tingkat cakupan, ukuran basis kode dianggap kecil.


Untuk source code, saat ini sudah ada 11 repositori yang terkait dengan Qt, semua terletak di path platform/upstream/. Hal ini menunjukkan bahwa mereka berasal dari bentuk yang belum diubah dari "upstream" open source Qt Project. Semua repositori ini sejak 2 Desember yang lalu secara resmi telah dikelola oleh Tomasz Olszak, co - founder dari proyek Qt for Tizen. Ia telah dinominasikan sebagai salah satu dari dua pengelola pertama berasal dari komunitas open source dalam sejarah TIZEN hingga saat ini.

Automated build juga dimungkinkan dalam TIZEN berkat Open Build Service (OBS), sebuah platform terbuka yang menyediakan infrastruktur transparan untuk pengembangan distribusi Linux. Ini berasal dari openSUSE dan MeeGo, dan juga mendukung Fedora, Debian, Ubuntu, RedHat, dll. Infrastruktur OBS TIZEN terletak di https://build.tizen.org.

Infrastruktur Tizen Project pada dasarnya mirip dengan Qt Project. Layanan untuk review code sama-sama didasarkan pada Gerrit dan terletak di https://review.tizen.org/gerrit. Berkat integrasi yang erat dengan alur kerja pengembangan Tizen project, Qt for Tizen project sekarang dapat lebih up-to-date dengan perubahan yang terjadi dalam TIZEN 3.0. Berbagai masalah yang dilaporkan saat pengujian TIZEN dan Qt bisa diperbaiki dengan lebih cepat.

Selengkapnya tentang integrasi Qt for Tizen Project di Tizen Project bisa dilihat di blog resmi dari Qt Project disini.