TIZEN STORE telah dihuni 4000 pengembang aplikasi, game 3D berbasis HTML5 mampu berjalan 60fps di TIZEN


Naik ke panggung sebagai pembicara kunci di acara Tizen Developer Summit Korea 2013 (TDSK13) yang berlangsung di hotel Ritz-Carlton di Gangnam, Seoul, pada hari Senin pagi tanggal 11 November kemarin, Jong-Deok Choi (JD Choi), Wakil Presiden Eksekutif (VP) dari Samsung Electronics Software Center dan co-Chair dari TIZEN Technical Steering Group (TSG) langsung mengklik sebuah aplikasi yang telah terinstal pada smartphone yang dibawanya.

Setelah kamera diproyeksikan untuk menayangkan secara live pada smartphone untuk menampilkannya pada layar besar di dinding, sebuah game balap mobil 3D dijalankan dan JD Choi bersama mobilnya melaju melewati berbagai rintangan tanpa berhenti untuk buffering sedetikpun.

Game ini berjalan pada smartphone referensi TIZEN untuk pengembang, dibuat melalui bahasa pemrograman Web (HTML5) dan mampu berlari pada kecepatan 60fps. Aksi ini kontan mendapat reaksi yang positif dari ratusan peserta yang hadir saat itu. "Kinerja dari aplikasi yang berjalan di TIZEN begitu hidup dan nyata," kata JD Choi. "Hanya orang-orang yang skeptis yang mengatakan bahwa aplikasi Web tidak dapat mengejar ketinggalan dengan aplikasi native yang sama sekali salah, dan efek grafis 3D yang halus juga tersedia dengan aplikasi Web."

Samsung telah mencoba untuk memiliki ekosistem sendiri yang mampu menghubungkan setiap produk yang dibuatnya. Dan toko aplikasi untuk perangkat TIZEN saat ini sudah dihuni oleh ribuan aplikasi, walaupun belum ada satupun smartphone TIZEN yang dijual untuk konsumen. "Kami telah menjalankan TIZEN STORE sejak bulan Mei, dan kini sudah lebih dari 4.000 penjual aplikasi yang telah terdaftar," kata JD Choi. "Ekosistem dari aplikasi terus berkembang dengan baik."

Samsung yang memiliki berbagai macam produk elektronik, sangat diuntungkan dengan adanya TIZEN. Oleh karena itu TIZEN sangat diharapkan menjadi jembatan lintas platform untuk berbagai produk, yang antara lain dapat diterapkan pada smartphone, televisi, kulkas, laptop, kamera dan printer.

Harapannya sekarang adalah bisa merilis smartphone TIZEN atau TIZEN TV pada awal tahun depan. "Kita tidak bisa mengatakan dengan pasti untuk hari perilisannya dengan konkret, tetapi yang pasti smartphone TIZEN akan diresmikan segera," kata JD Choi. "Saya yakin bahwa TIZEN akan menjadi OS mobile ketiga dalam waktu dekat melalui produk smartphone dan TV yang dijadwalkan akan dirilis."