Konsep TIZEN IVI dengan layar transparan dari Samsung


Sebelum munculnya layar fleksibel atau melengkung (curved), Samsung Display telah mengembangkan layar transparan lebih dulu dimana mereka telah menunjukkannya dalam produk laptop, Smart Window dan pemutar MP3 yang dirilis pada tahun 2010 dengan nama IceTouch MP3 player. Melangkah lebih jauh, nampaknya sekarang Samsung telah menemukan inovasi baru yang memanfaatkan layar transparan pada mobil sebagai layar sentuh yang menampilkan user interface (UI) dari sistem in-vehicle infotainment (IVI) yang bisa diterapkan melalui TIZEN IVI.

Melalui konsep yang ditunjukkan dalam video dibawah ini, digambarkan seorang pengemudi yang menggunakan wearable device dan mengendarai mobil futuristik dengan layar transparan yang menampilkan UI dari sebuah sistem IVI. Dia kemudian mengoperasikan layar sentuh transparan didepannya untuk mengirim pesan kepada mobil-mobil di depannya agar minggir sebentar karena dia mau lewat.

Layar sentuh transparan telah digunakan oleh Samsung untuk IceTouch MP3 player yang dirilis pada Januari 2010, dan layar transparan untuk Smart Window buat kebutuhan iklan telah diluncurkan saat berlangsungnya CES 2012 di Las Vegas. Namun untuk mewujudkan seperti konsep di video dibutuhkan layar sentuh transparan yang melengkung, dan nampaknya itu bukan sesuatu yang mustahil diwujudkan oleh Samsung dalam waktu dekat.


Konsep video pertama kali dipublikasikan oleh OLED.at