Bagaimana membuat aplikasi mobile HTML5 yang cepat (hingga 60fps) dan efisien?


Aki Saarinen dan tim software engineer di Reaktor saat ini sedang mengembangkan dan mengoptimalkan software pada platform TIZEN. Tim Aki secara khusus bekerja untuk mengoptimalkan aplikasi HTML5 mobile di Samsung. Sementara harus berurusan dengan beberapa vendor dan beberapa aplikasi yang kompleks, mereka telah bisa melihat aplikasi yang bekerja dengan sempurna, dilain pihak juga aplikasi dengan berbagai masalah pada kinerja.

Dalam sesi presentasi dengan topik "Developing fast and efficient Tizen HTML5 mobile applications: Lessons Learned" di Tizen Developer Summit Korea 2013 (TDSK13) di Seoul kemarin, Aki Saarinen berbagi kendala umum, pelajaran, dan teknik yang telah terbukti untuk mencapai aplikasi dengan waktu start-up yang cepat dan kinerja run-time yang stabil dan efisien.

Pengukuran kinerja aplikasi HTML5 di TIZEN yang akurat dijelaskan. Aki kemudian kemudian juga berbagi teknik konkret untuk meningkatkan pengukuran kinerja. Topik ini meliputi tips tentang menginisialisasi struktur aplikasi yang kompleks dengan benar, modularizing yang efisien dan loading JavaScript yang lambat, serta memanfaatkan kelancaran animasi yang terkait dengan akselerasi hardware dengan benar. Aki juga menjelaskan teknik bagaimana memastikan scrolling yang dilakukan oleh pengguna dan animasi akan bekerja pada tingkatan stabil 60 frame-per-detik (60fps).

Berikut ini slide dari presentasi Aki Saarinen "Fast and Efficient Tizen HTML5 mobile applications" di TDSK13.