Saturday, September 7, 2013

Intel rekrut desainer Nike FuelBand dan Oakley untuk wearable device

Steve Holmes, Wakil Presiden untuk New Device Group di Intel

Intel diam-diam telah merekrut dua engineer berprofil tinggi untuk bergabung dalam proyek rahasia mengembangkan perangkat baru untuk sebuah grup di Intel yang dijalankan oleh Mike Bell. Steve Holmes, salah satu desainer yang bekerja pada perangkat populer Nike FuelBand, telah direkrut sekitar 12 bulan yang lalu, dan Hans Moritz, yang memimpin pengembangan Oakley Airwave heads-up goggle display, Switchlock series eyewear dan watch program, baru-baru ini juga ikut dipekerjakan.

Intel sebelumnya memang selalu merahasiakan tiap proyek untuk pengembangan perangkat baru yang dipimpin oleh Mike Bell, mantan engineer dari Apple dan Palm, yang baru-baru ini ditugaskan untuk memimpin grup baru. Menurut Intel, bisnis yang dikerjakan saat ini adalah mengembangkan produk dan teknologi yang akan meningkatkan dan memperluas portofolio Intel ke bidang produk baru. CEO Bryan Krzanich dan Presiden Renee James baru-baru ini mengakui bahwa mereka tertarik dengan wearable device.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Holmes membahas bagaimana wearable device seperti Fitbit Flex, Google Glass, Samsung Gear dan Qualcomm Toq dapat mendefinisikan tampilan dan nuansa dari hardware komputer, tapi masih sangat tergantung pada software.

"Aku datang dari sisi hardware, akan tetapi bahkan dalam akenario yang terbaik banyak dari benda-benda ini yang hanya akan berakhir terkubur di laci meja dalam lima tahun," kata Holmes, wakil presiden dari New Devices Group di Intel yang meninggalkan Nike untuk bergabung dengan Intel pada tahun 2012. "Ini adalah software dan data yang dapat hidup selamanya jika Anda bisa membuatnya berharga."

Sebelumnya ia membantu merancang gelang biometrik pribadi untuk Nike, Holmes berada di tim yang mengembangkan Trio dan Pre di Palm. Selama bekerja di Apple, ia adalah desainer produk utama untuk Cube G4, yang sekarang dalam koleksi desain dari New York Museum of Modern Art.

Holmes menolak untuk membahas rencana produk tertentu di Intel, tetapi sebaliknya berfokus pada peran wearables device yang diciptakan untuk smartphone, tablet dan PC sebagai pusat dari media proses, layar dan penyimpanan data pribadi.


"Orang-orang akan memiliki lebih banyak wearable device karena kemampuannya terus membaik, harga akan turun dan hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan peralatan ini akan menjadi jauh lebih menarik," katanya. "Perubahan besar sekarang adalah jumlah teknologi yang dapat Anda masukkan ke beberapa perangkat kecil ini menjadi cukup signifikan dan itu benar-benar akan membuka kemungkinan baru."

"Dulu orang-orang juga skeptis tentang televisi, fotografi dan video recording, tapi seiring waktu perangkat ini telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang."

No comments:

Post a Comment