Samsung mencoba ciptakan ekosistem independen di Galaxy Gear


Banyak yang bertanya-tanya akankah Samsung mencoba untuk berdiri secara independen dari ekosistem software Google melalui smart watch mereka 'Galaxy Gear' yang akan dirilis bulan depan. Smartphone dan tablet PC sebagai lini produk utama dalam keluarga 'Galaxy' mereka selama ini sebagian besar hanya mengandalkan software dari Google.

Menurut sumber dari Samsung Electronics hari ini, Galaxy Gear akan tetap didasarkan pada sistem operasi (OS) Android, tapi melalui aplikasi eksklusif mereka sendiri yang hanya tersedia untuk smart watch, dan Samsung mengharapkan kemungkinan untuk menciptakan ekosistem software mereka sendiri. Hal ini menunjukkan kemungkinan untuk menciptakan produk dengan hardware dan software sendiri serta juga melakukan komersialisasi sendiri di pasar.

Baru-baru ini menurut laporan anonim yang diterima oleh situs GigaOM, aplikasi Galaxy Gear telah dirancang untuk hanya bisa mengunduh aplikasi dari toko aplikasi 'Samsung Apps' bukan 'Google Play' atau yang lain Menurut sumber kita di Korea, Galaxy Gear hanya akan dijalankan oleh aplikasi dari Samsung Apps atau produk mobile Samsung lainnya yang mampu menghubungkan atau terhubung dengan Samsung Apps.

Pertanyaannya sekarang, seberapa banyak aplikasi khusus untuk Galaxy Gear yang tersedia di Samsung Apps? Karena pasar aplikasi khusus untuk Samsung Apps belum dibuat, tentunya akan sulit untuk menjamin kualitas keseluruhan dari aplikasi dan kemungkinan untuk bertahan hidup di pasar aplikasi.

Dalam posisi Samsung, sebenarnya akan lebih baik bagi mereka untuk membiarkan pengembang membuat aplikasi khusus untuk Galaxy Gear, sementara mereka membuat smart watch yang bisa dikontrol baik hardware maupun software. Namun dalam hal ini, Samsung kemungkinan telah melihat dalam jangka panjang akan lebih banyak manfaat dengan membangun ekosistem sendiri daripada menghubungkan produk mereka dengan aplikasi yang ada di Google Play.

Kekuatan dan keunggulan Samsung sebenarnya terletak pada teknologi canggih dan efisien hardware, karena mereka membuat semuanya sendiri, yang meliputi semikonduktor, layar, dan sistem manajemen ponsel. Selain itu mereka adalah perusahaan yang paling sukses dalam mengintegrasikan software Android dengan produk smartphone dan tablet mereka. Satu-satunya yang bisa menghalangi mereka untuk kebebasan mengontrol semuanya adalah bagian software. Jadi meskipun mereka menciptakan produk yang menakjubkan, tetap saja harus bergantung pada software Google. Inilah yang ingin diakhiri oleh Samsung demi ambisi untuk meninggalkan pesaing mereka dan bersaing secara head-to-head dengan Apple.

Melalui Galaxy Gear, Samsung menemukan jalan positif untuk mulai mengurangi ketergantungan pada software Google. Walaupun selama ini Google telah software dan ekosistem mereka untuk perangkat Android, namun semua bentuk layanan ini secara resmi hanya disesuaikan untuk produk seperti smartphone dan tablet, sama sekali belum ada yang dirancang untuk smart watch. Jika saat itu, mereka dapat berdiri independen dan mencapai apa yang tidak dapat dicapai dalam ponsel. Namun, karena produk mobile masih mengandalkan jumlah berat Google SW, jalan untuk menyelesaikan kemerdekaan belum tampaknya jauh.