Toyota bergabung dalam pengembangan TIZEN IVI


Toyota Motor Corporation Jepang baru-baru ini telah memerintahkan Toyota Technical Development Corporation (TTDC) untuk bergabung dalam proyek TIZEN IVI untuk mengembangkan platform sistem informasi dalam kendaraan berbasis Linux. Keputusan ini diberikan setelah TTDC memamerkan hasil pengembangan TIZEN IVI mereka dalam Automotive Linux Summit Spring 2013 yang diadakan di Tokyo pada 27-28 Mei yang lalu.

Ada dua hasil pengembangan yang ditampilkan di sana. Salah satunya adalah UI Manager, lapisan middleware untuk mengelola user interface pada kendaraan yang menjalankan TIZEN IVI. TTDC memperlihatkan demo "Home Screen" sebagai contoh dari pengoperasian UI Manager yang sedang dikembangkan dan semuanya akan dirilis sebagai software open source.

Selain itu, TTDC juga mengembangkan plug in yang menghubungkan kontrol pada sistem IVI di Toyota dengan di TIZEN IVI untuk memastikan keamanan melalui sistem kontrol VIC yang juga sedang dikembangkan. Namun Toyota belum berencana untuk mempublikasikan VIC.

Pengembangan TIZEN IVI oleh anak perusahaan TTDC ini sepenuhnya didanai Toyota Motor. Sejak TIZEN IVI versi 2.0 yang dirilis pada bulan April 2013, TTDC dan Toyota Motor telah mengambil bagian dalam kegiatan pengembangan dengan sungguh-sungguh, dan spesifikasi terbaru untuk versi 3.0 saat ini sedang dikembangkan.


Pada saat berlangsungnya Automotive Linux Summit di bulan November 2011 di Yokohama, Kenichi Murata, Project General Manager di Toyota Motor Corporation telah menyatakan bahwa perusahaannya akan menjauh dari prinsip mereka sendiri sejauh ini, untuk selanjutnya berpartisipasi aktif dalam penggunaan software open source, yang diwakili oleh Linux. Spesifikasi yang dibawa oleh Linux sangat cocok diterapkan sebagai sistem operasi embedded di dalam kendaraan, dan memiliki beberapa keuntungan seperti misalnya pengurangan waktu booting dan dukungan dari komunitas Linux.


Via MONOist (Terima kasih untuk Naruto Takahashi)