Samsung luncurkan DRAM mobile LPDDR3 3GB 20nm pertama di dunia untuk smartphone


Samsung Electronics hari ini mengumumkan produksi massal pertama di dunia dari DRAM mobile low power double data rate 3 (LPDDR3) 3 gigabyte (GB) yang rendah daya, solusi memori mobile dengan kepadatan tertinggi saat ini untuk smartphone-generasi berikutnya, yang akan membawa pergeseran generasi ke pasar dari paket-paket 2GB yang banyak digunakan dalam perangkat mobile saat ini.

Samsung DRAM mobile LPDDR3 3GB menggunakan enam chip LPDDR3 4 gigabit (Gb) dengan fabrikasi kelas 20-nanometer (nm) terkecil di dunia, dalam dua set struktur simetris dari tiga chip yang ditumpuk dalam satu paket dengan tebal hanya 0,8 milimeter. Dengan dimensi paket line-up penuh, solusi memori ultra-slim baru dari Samsung ini akan memungkinkan desain smartphone lebih tipis dan memungkinkan untuk ruang baterai tambahan, sekaligus menawarkan kecepatan transfer data hingga 2.133 megabit per detik (Mbps) per pin.

"DRAM mobile tiga gigabyte akan diadopsi dalam smartphone high-end yang paling up-to-date, dimulai pada semester kedua tahun ini - sebuah awal penerapan yang akan memperluas untuk sebagian besar smartphone high-end di seluruh dunia tahun depan," kata Young-hyun Jun, wakil presiden eksekutif untuk penjualan memori & pemasaran di Samsung Electronics. "Kami akan mengembangkan sebuah solusi LPDDR3 3GB baru berdasarkan pada empat chip DRAM LPDDR3 6Gb yang disusun secara simetris dari dua chip di setiap sisi, yang akan meningkatkan kinerja smartphone ke tingkat berikutnya pada akhir tahun ini."

Dengan meningkatnya kapasitas DRAM mobile, pengguna dapat menikmati pemutaran video Full HD berkualitas tinggi dengan mulus dan multi-tasking yang lebih cepat pada smartphone mereka. Kecepatan LPDDR3 baru juga mampu meningkatkan kinerja dalam mendownload data dan mampu menawarkan dukungan penuh untuk layanan LTE-A (LTE Advanced), standar telekomunikasi bergerak generasi berikutnya.

Samsung DRAM LPDDR3 3GB terhubung dengan prosesor aplikasi mobile menggunakan dua saluran transfer data simetris, masing-masing terhubung ke bagian penyimpanan 1,5GB. Meskipun aliran data asimetris dapat menyebabkan dips kinerja yang tajam pada pengaturan tertentu, namun struktur simetris bisa menghindari isu-isu ini, sementara juga memaksimalkan kinerja tingkat sistem.

Menimbang bahwa kapasitas penyimpanan memori saat ini untuk PC adalah sebesar 4GB, DRAM mobile yang menawarkan memori 3GB pada perangkat mobile akan bisa membantu sebagian besar pengguna menikmati kinerja seperti PC, terutama dalam mempersempit kesenjangan kinerja antara komputasi PC dan smartphone.

Dengan DRAM LPDDR3 3GB, Samsung kini menawarkan jangkauan terluas dari kepadatan DRAM mobile (1GB, 2GB dan 3GB), sambil menghadirkan DRAM pertama di dunia yang didasarkan pada teknologi pemrosesan node kelas 20-nm. Samsung berencana untuk terus memimpin pertumbuhan dari pasar memori mobile, dengan tujuan untuk mempertahankan daya saing tak tertandingi di sektor memori premium.