Marmalade umumkan dukungan SDK untuk TIZEN


Tool pengembangan aplikasi dan game cross-platform Marmalade akan segera menawarkan dukungan SDK tersendiri untuk sistem operasi (OS) mobile TIZEN kepada penggunanya. Dengan dukungan ini, konten yang dibangun dengan Marmalade sudah akan siap untuk disebarkan dan dijalankan secara langsung pada perangkat TIZEN.

Dukungan yang datang untuk perangkat berbasis TIZEN akan diintegrasikan ke dalam Marmalade SDK pada Q3 tahun ini, dan akan bersamaan waktunya dengan peluncuran perangkat pertama yang menjalankan OS TIZEN. Perangkat TIZEN akan dirilis dalam beberapa versi yang berbeda yang akan berjalan baik pada arsitektur CPU mobile Intel x86 dan ARM. Dalam konteks ini, Marmalade akan menawarkan dukungan penuh untuk kedua versi sebelum akhir tahun ini.

Marmalade juga telah diatur untuk mendukung penyebaran "fat binary" di TIZEN, yang akan memungkinkan sebuah paket aplikasi TIZEN tunggal yang akan dibangun menggunakan Marmalade yang akan berjalan secara native di perangkat Intel dan ARM.

"TIZEN adalah sebuah kedatangan yang sangat menarik, tidak hanya di pasar smartphone, tetapi juga untuk aplikasi yang lebih luas dalam berbagai perangkat khusus yang berbeda," kata CEO Marmalade Harvey Elliott. "Kami senang untuk dapat mendukung pengembang yang memilih untuk mengembangkan aplikasi untuk TIZEN, dan saya yakin komunitas pengembang kami yang dinamis akan melompat pada kesempatan ini untuk menghasilkan konten terbaik untuk platform baru yang menarik."

"Menurunkan penghalang untuk membuat game untuk pengembang TIZEN akan membantu membawa konten baru yang menarik untuk toko aplikasi TIZEN," tambah Christopher Croteau, yang menjabat sebagai anggota dewan di Tizen Association dan direktur pengelola divisi Sistem Software di Intel. "Marmalade SDK akan memungkinkan penerbit dan pengembang untuk dengan cepat dan mudah mengembangkan aplikasi untuk beberapa kategori perangkat yang dimulai dengan smartphone."

Pengembang sudah tertarik menargetkan perangkat TIZEN dengan proyek mereka yang saat ini mulai memproduksi beberapa judul di Marmalade, menangani pengembangan, pengujian dan debugging. Pada saat dukungan platform TIZEN untuk SDK akan datang akhir tahun ini, konten yang dibangun dengan Marmalade sudah akan siap untuk disebarkan dan dijalankan secara langsung pada perangkat TIZEN.