Sekilas metode notifikasi di TIZEN UX


Dalam TIZEN User Experience (UX), ada berbagai metode yang tersedia untuk memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada pengguna akan adanya peristiwa baru pada perangkat mereka. Notifikasi tray dan notifikasi ticker disediakan sebagai metode notifikasi generik dan Anda juga dapat menggunakan pop-up dan notifikasi badge.

User Interface (UI) dari notifikasi mendukung feedback multimodal, yang merupakan kombinasi dari peristiwa melalui interface visual, auditori, dan taktil.


Notifikasi tray

Notifikasi tray adalah tempat dimana pengguna dapat memeriksa apa yang terjadi dan melihat aktivitas yang terlewat, seperti pesan teks, panggilan, dan email terbaru. Ini adalah ringkasan notifikasi sederhana yang membuat pengguna tetap up-to-date dengan berbagai peristiwa terbaru di perangkat mereka.

Pengguna dapat mengakses Notifikasi tray dari mana saja di TIZEN UX hanya dengan menarik status bar ke bawah, yang biasanya berisi tampilan tugas (task) yang sedang berlangsung dan layar notifikasi dari berbagai peristiwa.

Membuka dan menutup Notifikasi tray

Jika konten yang ditampilkan pada Notifikasi tray melebihi satu halaman, maka pengguna dapat menggulir ke atas dan ke bawah. Untuk notifikasi acara atau peristiwa, pengguna dapat mengabaikan ini di Notifikasi tray dengan menekan tombol Clear all.

Layar akan menampilkan tugas (task) yang sedang berlangsung untuk menunjukkan peristiwa saat ini (misalnya, status transfer file atau download) atau informasi tentang perangkat yang terhubung (misalnya, koneksi USB)

Layar yang menampilkan tugas yang sedang berlangsung

Layar notifikasi peristiwa akan menampilkan informasi tentang peristiwa baru bahwa pengguna yang belum diperiksa, seperti judul dari suatu peristiwa, pengirim, isi singkatnya, ikon aplikasi, dan timestamp.

Tata letak untuk notifikasi peristiwa terbaru

Jika aplikasi memiliki lebih dari dua notifikasi peristiwa, maka akan muncul angka yang menunjukkan jumlah notifikasi peristiwa dari aplikasi tersebut dalam kotak notifikasi tunggal. Namun jika itu adalah peritiwa penting yang berbeda dalam satu aplikasi, maka pengecualian dapat dibuat untuk menampilkan beberapa notifikasi dari satu aplikasi di kotak notifikasi.


Notifikasi ticker

Ticker adalah jenis notifikasi pada TIZEN UX di mana dua baris informasi muncul dalam area status untuk waktu terbatas, dimana didalamnya termasuk:
  • Ikon
  • Teks (teks utama dan subteks)
  • Tombol Close

Notifikasi ticker

Jika Anda mengaktifkan pilihan Display contents notification, ticker menampilkan informasi rinci dari konten (atau mewakili teks umum). Notifikasi ticker ini diusahakan tidak akan mengganggu pengguna dalam menjalankan aplikasi. Jika pengguna menyentuh pada ticker, ia akan melihat detil dari layar yang memberitahukan suatu peristiwa. Jika pengguna membuka layar yag terkunci sebelum ticker menghilang, maka akan tetap di area status pada layar yang tidak terkunci.


Notifikasi pop-up

Notifikasi pop-up digunakan untuk memberikan informasi atau konfirmasi atas permintaan pengguna. Tergantung pada sifat informasinya, notifikasi pop-up dibagi menjadi tiga kategori:
  • Penyampaian informasi dasar: Ini adalah notifikasi pop-up sementara - tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pengguna sebelum menghilang dari layar aplikasi setelah waktu tertentu. Notifikasi ini juga dapat menghilang ketika pengguna menyentuh area di luar kotak notifikasi pop-up.
  • Penyampaian informasi penting: Ini adalah notifikasi pop-up yang digunakan untuk menyampaikan informasi penting atau agar pengguna waspada terhadap langkah-langkah penting dari suatu proses. Notifikasi kategori ini akan tetap pada layar sampai pengguna sengaja menutup itu dengan menekan tombol OK atau Confirm.
  • Pilihan Run/Delete: Keputusan pengguna menentukan hasil darinotifikasi ini. Notifikasi ini digunakan untuk meminta pengguna untuk mengkonfirmasi apakah mereka ingin menjalankan (run) atau menghapus (delete) sesuatu yang tidak dapat dipulihkan.

Notifikasi pop-up


Notifikasi badge

Tidak semua peristiwa memerlukan notifikasi langsung. Dalam kasus tersebut, notifikasi badge digunakan untuk menyampaikan jenis informasi yang tidak mendesak (misalnya, jumlah peristiwa). Notifikasi badge ditandai melalui ikon kecil di ikon tray dari suatu aplikasi, atau pengguna dapat memeriksa ketika meluncurkan sebuah aplikasi.

Notifikasi badge

Notifikasi badge hanya menampilkan item-item baru dan belum dibaca. Notifikasi ini biasanya menampilkan pemberitahuan berupa angka, dengan angka pada ikon badge yang menunjukkan jumlah item baru dan belum dibaca. Jika ada lebih dari satu item baru atau belum dibaca, jumlah yang ditampilkan dalam badge akan menurun setelah pengguna melihat atau membaca setiap item. Teks yang menginformasikan kepada pengguna akan item baru juga akan menghilang. Ikon badge biasanya bertempat di sudut kanan atas setiap ikon atau kontrol.


Via Tizen.org