Samsung dan Facebook akan kembangkan smartphone dan ekosistem bersama?

Jay Lee saat bertemu dengan pimpinan operator telekomunikasi global di MWC 2013

Vice Chairman Samsung Electronics Jay Lee (Lee Jay-yong) akan bertemu dengan pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg di markas besar Samsung di Seoul besok untuk membahas kerjasama dalam hal konten dan manufaktur. Ini adalah untuk pertama kalinya Mark Zuckerberg bertatap muka langsung dengan putra tunggal Chairman Samsung Lee Kun-hee.

"Zuckerberg akan mengunjungi kantor utama Samsung di Seocho-dong, Seoul selatan, Selasa. Keduanya akan membahas cara-cara untuk memperkuat kemitraan strategis mereka yang meliputi konten dan manufaktur," kata seorang pejabat Samsung hari ini kepada media lokal. "Vice Chairman Lee Jay-yong dan Chief Executive Facebook Mark Zuckerberg akan berusaha mendorong kemitraan bilateral."

Kerjasama dalam hal konten antara Samsung dan Facebook adalah upaya untuk memperkuat ekosistem antara kedua perusahaan. Selain layanan jejaring sosial, Facebook juga memiliki App Center, sebuah toko aplikasi HTML5 untuk perangkat mobile. Sementara Samsung saat ini sedang berupaya untuk membangun ekosistem HTML5 untuk perangkat TIZEN yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Dan kerjasama dalam hal manufaktur bisa saja adalah awal dari pengembangan Facebook phone baru, setelah sebelumnya selalu gagal dalam hal pemasaran ketika bekerjasama dengan HTC.


Smartphone TIZEN akan menjadi karya pertama dari Vice Chairman Jay Lee setelah dipromosikan pada awal Desember tahun lalu. Jay Lee membawa amanat ayahnya untuk membawa Samsung menjadi perusahaan yang independen dari sisi software, dan smartphone yang berbasis OS TIZEN muncul sebagai solusi dari keprihatinan yang mendesak ini.

Hal ini dibuktikan oleh Jay Lee dengan memimpin langsung delegasi eksekutif perusahaannya ketika mengadakan pertemuan tertutup untuk membahas proyek bersama dalam mengembangkan sistem operasi TIZEN dengan CEO Intel Paul Otellini selama satu jam setelah makan malam di salah satu hotel di Las Vegas saat berlangsungnya CES 2013. Saat MWC 2013, Jay Lee bersama delegasi eksekutif Samsung juga terus aktif mencari mitra pendukung buat ekosistem TIZEN dengan menggelar pertemuan tertutup dengan sekitar 30 pimpinan operator telekomunikasi dari seluruh dunia.

Sebelum bertemu dengan Jay Lee, Mark Zuckerberg akan mengunjungi Blue House pada Selasa pagi untuk bertemu dengan President Korea Selatan Park Geun-hye. Penciptaan lapangan kerja melalui teknologi informasi akan menjadi subjek utama yang akan dibahas. Zuckerberg juga diharapkan akan bertemu dengan menteri yang membawahi departemen teknologi informasi dan komunikasi dan perencanaan masa dengan bangsa Choi Moon-ki.