Pertemuan Mark Zuckerberg dan eksekutif puncak Samsung berlangsung selama 7 jam


Mark Zuckerberg, Pendiri dan CEO Facebook, tiba di Seoul pada hari Senin (17/6) kemarin dan langsung mengunjungi Blue House untuk bertemu dengan presiden Korea Park Geun-hye. Pada hari ini (Selasa, 18/6), Mark Zuckerberg berkunjung ke kantor utama Samsung Electronics di Seocho-dong, Seoul selatan, untuk bertemu dengan pimpinan eksekutif Samsung, diantaranya Vice Chairman Jay Lee (Lee Jay-yong), kepala divisi Mobile & IT (IM) JK Shin (Shin Jong-kyun), kepala Media Solution Center (MSC) Hong Won-pyo dan kepala strategi pemasaran global Lee Young-hee.

Pertemuan antara Mark Zuckerberg dan eksekutif puncak dari Samsung Electronics yang berlangsung selama 7 jam mulai pukul 13:00 - 20:00 waktu setempat banyak menarik perhatian media lokal. Tidak banyak yang bisa diungkap dari pertemuan ini karena semua yang terlibat tidak mau membicarakannya ke media.

"Kita hanya makan malam dan berbicara tentang industri smartphone dan IT secara umum," kata Presiden JK Shin usai pertemuan berlangsung.

Ketika didesak wartawan tentang Facebook Home untuk smartphone Galaxy dan kerjasama pembuatan Facebook Phone, Presiden JK Shin mengelak dengan halus. "Aku akan memberitahukan semuanya ketika ada kesempatan di kemudian hari," jawabnya singkat.

Mark Zuckerberg dan Presiden JK Shin

Dalam pertemuan ini, Mark Zuckerberg diperkirakan membahas cara-cara untuk memperkuat kegiatan pemasaran berbasis Facebook dan bekerja sama dalam mengembangkan sebuah smarphone Facebook Phone. Untuk memperkuat penetrasi Facebook sebagai platform pencarian global yang kuat, Facebook sangat membutuhkan sekutu dari sektor mobile.

Jajaran eksekutif Facebook yang tiba di bandara Gimpo pada Senin malam termasuk Dan Rose, wakil presiden Facebook untuk bisnis global dan pengembangan perusahaan, dan direktur desain Adam Mosseri, yang bertanggung jawab atas inisiatif perusahaan terbaru, Facebook Home.

Rose yang bergabung dengan Facebook pada tahun 2006 setelah bekerja di Amazon selama tujuh tahun, adalah salah satu rekan terdekat Zuckerberg dan telah ikut dengan Facebook mulai awal. Dia bertanggung jawab untuk kemitraan bisnis, merger dan akuisisi. Sementara Mosseri yang bergabung dengan Facebook pada tahun 2008, adalah orang di balik Facebook Home, lapisan user interface untuk smartphone Android.

Pejabat Samsung sendiri kemarin telah mengonfirmasi bahwa pertemuan pimpinan Facebook dan perusahaannya adalah untuk membahas cara-cara untuk memperkuat kemitraan strategis yang meliputi konten dan manufaktur, serta berusaha mendorong kemitraan bilateral. Sedangkan pengembangan sistem operasi TIZEN oleh Samsung sendiri dianggap merupakan bagian dari visi ekonomi kreatif yang dicanangkan oleh presiden Park Geun-hye untuk membangun industri yang mandiri dan tidak tergantung kepada pihak lain.

Mark Zuckerberg bersama Kepala MSC Hong Won-pyo

Bertekad untuk bergerak melampaui "mobile first" ke "mobile best" dalam hal pengalaman pengguna mobile, Facebook terus berusaha mempercepat transisi menjadi perusahaan mobile yang sebenarnya. Facebook baru-baru ini meluncurkan launcher "Facebook Home" untuk home screen smartphone berbasis Android dan merilis Facebook phone bermitra dengan HTC, untuk memperkuat strategi mereka di pasar mobile. Dan tampaknya Mark Zuckerberg ingin memanfaatkan Samsung Electronics untuk maju menuju "mobile best."

Pengamat pasar di Korea berspekulasi bahwa Mark Zuckerberg dan eksekutif Samsung mungkin telah membahas kerjasama untuk smartphone dan tablet beserta sistem operasi mobile TIZEN, karena Facebook ingin sekali bekerja sama dengan beberapa pembuat smartphone untuk menggelar perangkat Facebook yang selalu terkoneksi.