TIZEN 3.0 meluncur awal 2014 untuk semua perangkat cerdas, Samsung siap bersaing sehat dengan Google


Sebagai salah satu anggota dari Technical Steering Group (TSG) dari proyek TIZEN bersama dengan Intel, Samsung berencana merilis versi terbaru dari sistem operasi (OS) open source TIZEN 3.0 awal 2014. Tidak hanya untuk smartphone, TIZEN 3.0 direncanakan juga akan mengakomodasi mobil dan perangkat elektronik cerdas lainnya.

"Kita akan mengumumkannya awal tahun depan," kata Jong-Deok Choi (JD Choi), Wakil Presiden Eksekutif (VP) dari Samsung Electronics dan co-Chair dari TSG, usai memberikan keynote di Tizen Developer Conference (2013) di San Fransisco. "TIZEN 3.0 akan dikembangkan untuk smartphone, juga mobil dan apa pun yang menggunakan sistem operasi cerdas. Tujuannya adalah untuk membuka sistem yang tertutup. Dan kita masih akan terus membuka kerja sama dengan Google, dengan itikad baik, serta siap bersaing secara sehat."

Samsung menganut strategi penggunaan software dan OS yang bervariasi untuk produk mereka, dan ini akan terus berlanjut. "Aku tidak suka sistem tertutup, produsen dan operator juga membencinya. Tujuan kami adalah untuk membuka sistem," katanya. Mengenai smartphone TIZEN, VP Choi mengatakan akan diluncurkan dalam waktu dekat. "Pertama NTT DoCoMo, dan Orange Perancis pada musim panas ini, setelah itu akan segera tersedia di tempat lain," katanya.

VP Choi juga menekankan bahwa OS TIZEN kedepannnya tidak hanya ditargetkan untuk smartphone. "Target versi 2.0 memang untuk smartphone," katanya. "Jaguar Land Rover sudah menggunakannya di sistem infotainment dalam mobil sebagai pendorong TIZEN untuk lebih maju."

Menurut VP Choi, ada banyak hal yang berbeda di Samsung Electronics semenjak mengadopsi TIZEN, dimana kini lebih mementingkan software, dan di masa depan juga tidak akan jauh berbeda. Samsung terkenal sebagai produsen hardware sebelumnya, namun kini banyak merekrut staf personil untuk software. Budaya kerja perusahaan juga kini menjadi lebih terbuka, sehingga para engineer di Samsung menemukan bahwa lingkungannya kini menjadi lebih menarik. "Benar-benar berubah, lebih terbuka dan bervariasi dari sebelumnya dan dukungan dari perusahaan juga sangat kuat," katanya. "Kekuatan Samsung sebelumnya di hardware dan kini software secara terpisah masing-masing akan bersinergi dengan sangat erat."

Jadi jika sebelumnya engineer yang bekerja di bagian hardware dan bagian software masing-masing bekerja sesuai peran dan tanggung jawab yang terpisah satu sama lain, tetapi kini dengan kemunculan TIZEN kedua bagian ini akan saling bersinergi, atau dengan kata lain secara aktif berkolaborasi untuk menghadirkan suatu produk yang benar-benar inovatif dan powerful.

Kekuatan utama dari TIZEN menurut VP Choi adalah dukungan web dan keterbukaan. "Bahasa Web adalah bahasa masa depan. TIZEN mendukung web dengan sangat baik," katanya. "Dibandingkan dengan platform lainnya, platform ini juga jauh lebih terbuka," pungkasnya.