Samsung rekrut eksekutif software dari NHN untuk bisnis game

Fitness Bike, game interaktif terbaru untuk Smart TV 

Memanfaatkan konten pada smartphone, tablet dan Smart TV, Samsung Electronics akan memulai membangun bisnis game sebagai salah satu strategi baru untuk meningkatkan pendapatan di masa yang akan datang. Sebagai bagian dari langkah untuk memperkuat ekosistem cerdas dalam jangka panjang, Samsung akan berusaha untuk membedakan perangkat cerdas mereka dari merek lain dengan mengamankan konten dan aplikasi multi-platform.

Selain membangun hardware yang kompetitif, Samsung Electronics juga akan berusaha untuk meningkatkan daya saing software mereka secara berkelanjutan. Toko aplikasi multi-platform "Samsung Apps" akan menjadi pendorong utama yang akan terus diaktifkan untuk mengamankan ekosistem Smart TV, dan sekarang juga akan bekerja bersamaan dengan toko aplikasi baru "TIZEN STORE" untuk seluruh perangkat yang berjalan pada sistem operasi (OS) TIZEN.

Untuk melakukan ini, Samsung Electronics baru-baru ini telah merekrut ahli software yang merupakan mantan direktur eksekutif dari NHN Kim Kyu-ho, yang akan mulai bekerja bulan ini sebagai managing director yang akan memberikan dorongan pada bisnis game di Media Solution Center (MSC), divisi Samsung khusus yang membawahi software untuk aplikasi, konten dan layanan buat perangkat Samsung. Kim Kyu-ho pernah menjadi direktur eksekutif di NCSoft dan NHN untuk urusan software, cloud dan game sebelum mengundurkan diri tahun 2010.

NHN adalah perusahaan internet dan konten terbesar di Korea yang terkenal dengan produk-produknya seperti Naver, portal search engine terbesar di Korea; Hangame, portal game online terbesar di Korea; dan layanan micro-blogging me2day. NHN juga telah memperluas penetrasinya ke Jepang dengan menghadirkan versi Jepang dari Naver dan Hangame serta layanan blog Livedoor dan layanan messaging Line.

Kim Kyu-ho akan mulai menata ulang organisasi di MSC untuk bisnis game, seperti misalnya menerbitkan beberapa judul game online. Selain Kim, Samsung juga akan terus menambah amunisi dengan merekrut personil tambahan untuk jabatan direktur dan staf eksekutif untuk divisi game di MSC. Sebagai pimpinan baru, Kim Kyu-ho akan mulai bertindak untuk mengamankan aplikasi dan konten inti dari berbagai area, termasuk game untuk lingkungan multi-platform, seperti ekosistem yang berkaitan dengan mobile game untuk smartphone dan Smart TV.

Samsung sebenarnya telah lama mengincar bisnis game yang akan muncul dalam berbagai bentuk, seperti memproduksi konsol game, mensponsori tim e-sports dan penerbitan game online sebagai kebutuhan untuk mengembangkan konten multi-platform untuk smartphone, smart TV dan tablet yang terus berkembang seiring dengan pertumbuhan yang cepat di pasar game mobile global.

Samsung Electronics sebelumnya dikabarkan telah menyiapkan dana besar hingga puluhan miliar won untuk membombardir para pengembang game dengan uang untuk membuat ekosistem game buat Samsung Apps dan TIZEN STORE. Tidak hanya perusahaan-perusahaan game besar di industri smartphone, seperti Com2Us dan Gamesville, tetapi juga portal game besar seperti NHN telah berada di daftar kontak Samsung. Bahkan beberapa start-up dan pengembang game independen juga telah berada dalam pantauan radar Samsung.

Samsung Electronics juga telah memperbesar tim bisnis game yang akan mengurus penerbitan game online berbasis HTML5. Bersama tim bisnis game yang baru ini, Samsung akan terus berusaha memperkenalkan darah baru dan inovasi baru untuk bisnis game di seluruh platform, seperti saat mereka merilis game inovatif interaktif "Fitness Game Bike" untuk Smart TV baru-baru ini.