NTT DoCoMo akan umumkan smartphone TIZEN bulan depan?


Saat memberikan penjelasan tentang hasil keuangan yang diperoleh selama bulan Maret 2013 pada 26 April kemarin, operator telekomunikasi terbesar di Jepang NTT DoCoMo berencana akan akan menjadikan TIZEN sebagai sistem operasi ketiga yang mereka dukung dan mengumumkan perangkat TIZEN yang akan mereka rilis tahun ini.

Saat menyampaikan laporan keuangan perusahaannya, Presiden dan CEO NTT DoCoMo Kaoru Kato mengatakan bahwa OS TIZEN bisa menjadi solusi kebebasan penuh jika dibandingkan dengan Apple iOS pada iPhone.

"Bagaimanapun bisnis kami adalah sebagai penyedia layanan (provider), menjadi mitra dari Smart Life. Semua itu harus dipertimbangkan masak-masak dengan pikiran," kata Presiden Kato menanggapi tentang adanya kesulitan dalam menghadirkan layanan pada perangkat iPhone.

Sebagai solusi, DoCoMo menyatakan telah memilih untuk mengadopsi OS baru TIZEN untuk produk smartphone. Menurut presiden Kato, "TIZEN adalah OS yang terbuka, bahkan tingkat kebebasannya lebih tinggi daripada Android," sebagai latar belakang mereka mengadopsi TIZEN. DoCoMo berencana menjadikan TIZEN sebagai mitra dari layanan Smart Life milik mereka.

NTT DoCoMo berencana untuk mengumumkan model perangkat yang akan mereka hadirkan untuk musin panas 2013 pada pertengahan Mei mendatang. Dan kemungkinan besar salah satu smartphone TIZEN juga akan masuk didalamnya, sementara dilain pihak iPhone tidak akan dimasukkan.

Sebelumnya saat berlangsungnya sebuah acara seminar HTML5 di Tokyo, Presiden Kato membenarkan bahwa perusahaannya sedang mengembangkan smartphone berbasis TIZEN. Presiden Kato mengatakan alasannya untuk mengembangkan smartphone TIZEN karena walaupun Android bagus dan terbuka, namun terlalu dikontrol oleh Google. Lewat smartphone TIZEN, pihaknya NTT DoCoMo ingin memberikan nilai tambah kepada pelanggannya melalui layanan jaringan dan terminal perangkat yang komprehensif.