Samsung targetkan smartphone TIZEN untuk pasar premium?


Saat berlangsungnya pengenalan platform mobile baru TIZEN di San Fransisco pada bulan Januari 2013 kemarin yang diadakan oleh Samsung Media Solution Center America (MSCA) untuk pengembang aplikasi lokal, tim dari Samsung Evangelist menjelaskan tentang tujuan dikembangkannya OS TIZEN dan pasar yang ingin dibidik oleh Samsung melalui sistem operasi open source baru ini.

Samsung berpartisipasi dan berinvestasi penuh dalam pengembangan platform software TIZEN karena berharap akan bisa digunakan untuk pengembangan smartphone generasi berikutnya yang berbasis Web. TIZEN juga berbeda dengan bada, sistem operasi Samsung sebelumnya yang ditujukan untuk smartphone, dan juga akan diterapkan pada Smart TV untuk menciptakan konvergensi antar perangkat cerdas berbasis Web.

Menurut Tim dari Samsung Evangelist, smartphone dengan OS bada sebelumnya memang ditargetkan untuk pasar yang sensitif dengan harga dan pengadopsi awal dari smartphone. Hal ini berbeda dengan TIZEN yang lebih ditujukan untuk pasar smartphone high-end yang lebih mengetengahkan kecanggihan fitur dan teknologi terkini.

Dikatakan juga bahwa Samsung juga akan terus terlibat dalam pengembangan berbagai kategori smartphone berbasis web dan meminta pengembang untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan unsur-unsur teknis yang diperlukan. Mereka berharap pihaknya dan pengembang akan bisa sama-sama melihat bagaimana TIZEN ini akan terus berkembang sebagai hasil dari partisipasi bersama sebagai platform yang bebas dan terbuka.