OS baru dan ekosistem HTML5 akan menjadi tema utama MWC 2013


Munculnya potensi platform mobile terbesar ketiga dan ekosistem HTML5 akan menjadi dua tema yang mendominasi Mobile World Congress (MWC) 2013 yang akan diselenggarakan akhir bulan ini di Barcelona, Spanyol. Sistem operasi baru berbasis web seperti TIZEN, Firefox OS dan Ubuntu akan coba diusung vendor hardware dan operator dunia untuk mengakhiri duopoli Apple iOS dan Google Android.

"Saya benar-benar melihat ke depan untuk melihat apa yang akan berkembang di ruang tersebut. Ada ruang, jelas ada ruang, baik dalam ruang untuk OS free dan dalam ruang untuk yang berlisensi," kata Carl Taylor, direktur teknologi di Hutchison Whampoa Eropa.

Kata kunci industri mobile untuk tahun 2013 adalah "NEXT." Pada MWC 2013, perusahaan global diharapkan akan menampilkan informasi baru terkait teknologi komunikasi mereka yang berputar di sekitar NEXT (singkatan yang terdiri dari kumpulan kata - New operating systems, an Ecosystem created by the mobile industry, eXperiences and the Transformation of mobile carriers from network operators to bona fide service providers). NEXT adalah kata kunci untuk membuka "The New Mobile Horizon," slogan resmi MWC 2013.

"Mobile World Congress 2013 terbentuk menjadi acara terbesar dan paling menarik yang pernah kami selenggarakan," kata Michael O'Hara, Chief Marketing Officer dari GSMA (GSM Association) selaku penyelenggara dari MWC. "Dari pameran menjadi program konferensi untuk program-program yang ditargetkan seperti App Planet dan mPowered Brand, bersama dengan banyak seminar pendidikan dan pertemuan, selalu ada sesuatu untuk setiap peserta. Kami sangat menantikan untuk menyambut industri mobile di Barcelona dan rumah baru kami di Fira Gran Via."

New operating system berarti munculnya sistem operasi baru berbasis web seperti TIZEN, Firefox OS dan Ubuntu mobile. GSMA telah mengumumkan pembicara kunci untuk Mobile World Live yang berlangsung pada hari Selasa, 26 Februari 2013 mulai pukul 18:00 waktu setempat di Auditorium 1, Hall 4 di Fira Gran Via. Pembicara kunci akan menampilkan panel CEO yang akan menjajaki pasar OS mobile saat ini dan inovasi yang membentuk masa depan smartphone dan perangkat lain yang terhubung, yang meliputi: Mitchell Baker (Chairman Mozilla Foundation), Imad Sousou (Co-Chair TIZEN) dan Mark Shuttleworth (pendiri Ubuntu).

Ecosystem created by the mobile industry adalah ekosistem mobile yang telah diperluas oleh penyebaran perangkat mobile akan terus tumbuh di belakang aplikasi berbasis web (HTML5). Layanan aplikasi Web diproyeksikan akan bergerak melampaui batas-batas online untuk menjadi layanan off-line.

"Saya yakin kita akan melihat implementasi banyak HTML5 lebih konsisten sepanjang 2013 dan seterusnya," kata Carl Taylor.

eXperiences adalah pengalaman pengguna pada perangkat mobile yang akan lebih diversifikasi - misalnya, penerbitan dan pembayaran tiket atau kupon melalui teknologi NFC. Selain itu, smartphone dengan layar Full HD 5-inci akan mengambil pengalaman mobile multimedia ke ketinggian baru.

Transformation of mobile carriers from network operators to bona fide service providers akan menjadi ruang untuk operator seluler global guna membahas LTE-Advanced, layanan TD-LTE yang akan melampaui LTE tradisional.