Aplikasi pihak ketiga yang resmi didukung oleh perangkat TIZEN


Sistem Operasi TIZEN secara resmi mendukung aplikasi pihak ketiga yang berbasis Web (HTML5, CSS, JavaScript), Native (C/C++) dan Hybrid (Web & Native). Untuk saat ini TIZEN SDK menyediakan fungsionalitas yang memungkinkan untuk membuat aplikasi web dan widget untuk perangkat TIZEN. Widget dikemas sesuai dengan spesifikasi packaging dan konfigurasi widget dari W3C yang memungkinkan untuk diunduh dan diinstal pada emulator atau perangkat.

Sebuah aplikasi Web adalah komposisi HTML, JavaScript, dan CSS yang dikombinasikan sebagai paket yang diinstal pada perangkat. Sebuah paket widget yang mandiri mencakup semua file pendukung yang dibutuhkan oleh widget. Dengan demikian, widget dapat menjadi aplikasi mandiri yang lengkap yang tidak memerlukan sumber daya eksternal dan masalah akses dalam menjalankan widget dapat dihindari.

HTML pada aplikasi web dan widget didasarkan pada standar HTML5, yang mendukung seperangkat JavaScript dengan ekstensi asli dan mendukung ekstensi integrasi dengan perangkat dalam bentuk email, SMS, PIM (Personal Information Management), dan informasi perangkat.


Dua format aplikasi pihak ketiga yang didukung oleh perangkat TIZEN bisa dijelaskan sebagai berikut:
  • Aplikasi Web TIZEN: Kontainer yang berisi aplikasi Web TIZEN atau aplikasi Hybrid yang terdiri dari aplikasi Web TIZEN & layanan aplikasi TIZEN C++ (Native). Ini adalah file zip dengan akhiran ".wgt".
  • Aplikasi TIZEN (Native): Kontainer yang berisi Aplikasi TIZEN C++ atau konten TIZEN (seperti font atau tema). Ini adalah file zip dengan akhiran ".tpk".