TAIYAKI project, The Future of Japanese Input Environment on TIZEN


Secara dasar, TIZEN 2.0 Alpha belum mendukung input untuk karakter Jepang. Takahashi Naruto dari komunitas Tizen Japan Consortium (TJC) kemudian tergerak untuk membuat proyek pengembangan untuk  lingkungan karakter Jepang pada TIZEN yang diberi nama TAIYAKI Project.

Para penikmat kuliner Jepang (Japanese Food) di Indonesia pasti mengenal Taiyaki sebagai kue adonan panggang khas Jepang berbentuk ikan seperti halnya Dorayaki yang menjadi kegemaran si kucing masa depan Doraemon. Kue Taiyaki populer setelah menjadi lagu tema "Oyoge! Taiyaki-kun" yang dinyanyikan oleh Shimon Masato dan menjadi lagu terpopuler hingga saat ini di Jepang. Namun TAIYAKI disini adalah singkatan dari Tizen Advanced Inspiring Yet Another Keyboard Interface.

Takahashi Naruto memperkenalkan TAIYAKI project saat berlangsungnya acara Super Study Meeting 2012 yang berlangsung tanggal 15 Desember kemarin di Shinjuku, Tokyo, Jepang. Dalam presentasi yang berjudul "Japanese Input Environment on Tizen 2.0 Alpha", Naruto menjelaskan bagaimana memporting dan menginstal anthy ke TIZEN dan beberapa fitur yang telah dicapai dari TAIYAKI beserta target untuk masa depannya. Anda yang tertarik dengan input karakter Jepang di TIZEN bisa mempelajarinya melalui materi berikut.