Spesifikasi HTML5 sudah komplit, W3C akan mulai bekerja untuk HTML 5.1


World Wide Web Consortium (W3C) hari ini menerbitkan definisi lengkap dari spesifikasi HTML5 dan Canvas 2D. Meskipun belum mencapai standar W3C, spesifikasi ini sekarang sudah lengkap secara fitur, dalam arti untuk bisnis dan pengembang sudah memiliki target stabil untuk implementasi dan perencanaan. HTML5 adalah landasan dari Open Web Platform, lingkungan pemrograman penuh untuk aplikasi cross-platform dengan kemampuan akses ke perangkat, video dan animasi, grafis, style, tipografi, dan tool-tool lainnya untuk penerbitan digital, kapabilitas jaringan yang luas, dan banyak lagi.

"Semakin luas jangkauan teknologi Web, semakin banyak stakeholder kami yang menuntut standar yang stabil," kata CEO W3C Jeff Jaffe. "Sampai saat ini, pebisnis tahu apa yang mereka dapat diandalkan untuk HTML5 di tahun-tahun mendatang, dan apa yang menjadi tuntutan pelanggan mereka. Demikian juga, pengembang akan tahu keterampilan apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai smartphone, mobil, televisi, ebooks, penanda digital, dan perangkat lain yang belum diketahui."

W3C hari ini juga mengumumkan draft pertama dari HTML 5.1 dan Canvas 2D, Level 2, sebuah pandangan awal babak berikutnya untuk standardisasi. Komunitas W3C terus meningkatkan fitur HTML yang ada dan mengembangkan yang baru, termasuk ekstensi untuk melengkapi aksesibilitas built-in pada HTML5, image yang responsif, dan streaming adaptif.

Kemajuan terbaru dalam teknologi dan pasar browser telah menjadi sumber inovasi yang signifikan, banyak yang sekarang merupakan bagian dari HTML5 dan teknologi yang terkait. Untuk mengurangi fragmentasi browser dan memperluas implementasi ke berbagai tool yang mengkonsumsi dan menghasilkan HTML, W3C sekarang akan memulai tahap standarisasi W3C yang dikhususkan untuk interoperabilitas dan pengujian (yang disebut "Candidate Recommendation").

Selama tahap ini, W3C HTML Working Group akan melakukan berbagai kegiatan untuk memastikan bahwa spesifikasi dapat dilaksanakan secara kompatibel di seluruh browser, tool authoring, klien email, server, sistem manajemen konten, dan tool-tool Web lainnya. Grup ini akan menganalisa implementasi HTML5 saat ini, menetapkan prioritas untuk tes pengembangan, dan bekerja dengan komunitas untuk mengembangkan tes tersebut. HTML Working Group telah merencanakan untuk tahap implementasi berlangsung hingga pertengahan 2014, setelah dimana W3C mengharapkan untuk bisa menerbitkan final HTML5 Recommendation, tersedia secara bebas royalti untuk pelaksana di bawah W3C Patent Policy.

HTML Working Group tidak sendirian dalam mengejar kesuksesan untuk HTML5 dan Open Web Platform yang lebih luas. Sebagai contoh, Web Performance Working Group - dimana hari ini menerbitkan dua W3C Recommendation yang memberikan akses ke kinerja metrik - sedang mengembangkan teknik untuk mengukur dan meningkatkan kinerja aplikasi Web; mereka baru-baru ini mengumumkan temuan dari Workshop November. Web dan TV Interest Group dan Core Mobile Web Community Group telah memprioritaskan pengujian sebagai cara untuk mempromosikan penyebaran ke semakin banyak set perangkat.